DETAILLAH… KAU AKAN JADI LUAR BIASA

Salah satu kelemahan yang sering ditemukan pada pegawai adalah tidak mau berpikir detail mengenai pekerjaannya. Banyak yang merasa cukup dengan “asal” saja. Asal jadi, asal selesai, asal beres, asal tidak dicomplain, dan seterusnya. Pekerja yang demikian tidak akan mendapat kepuasan kerja. Karena sesungguhnya mereka itu tidak pernah berprestasi. Apa lagi bila hanya melaksanakan sebagaimana yang telah lalu, tanpa inovasi, tanpa perhatian yang detail

Berpikir detail mengenai pekerjaan..
Berarti menghindari kesalahan sekecil apa pun. Dan berusaha menuju pada kesempurnaan. Bila sempurna dan tidak ada kesalahan, berarti kita memberikan kepuasan. Bila bisa memberikan kepuasan, berarti sebuah prestasi. Bila kita berprestasi, kita akan memiliki kepuasan di tempat kerja. Bila kita puas dengan pekerjaan kita, maka kita akan memiliki motivasi untuk lebih berprestasi lagi, untuk lebih memuaskan lagi…
Dan… bila demikian, maka kita bukan sekedar pegawai yang baik. Tapi kita adalah pekerja yang luar biasa. Sebagaimana ungkapan Charles R. Swindoll:
The difference between something good and something great is attention to detail

Untuk bisa menjadi orang yang selalu berpikir detail memang perlu pembiasaan. Namun yang lebih penting dari itu, adalah menyukai pekerjaan. Karena, kalau kita menyukai pekerjaan kita. Kita akan melaksanakannya tanpa merasa diperintah tanpa merasa itu sebuah beban atau tuntutan. Melainkan sebagai hobi atau kesukaan. Sehingga kita sering lupa waktu dalam bekerja

Dan, sebagaimana sering kita ungkapkan…
Hanya orang yang bersyukurlah yang bisa mencintai dan berpikir detail tentang pekerjaannya

Selamat hari Senin….