BERITA DOSEN KE LUAR NEGERI

Untuk meningkatkan kompetensi dosen di lingkungan Kementerian Agama RI, beberapa dosen dikirim ke luar negeri yaitu ke Singapura di National University of Singapura, Australia di University of Melbourne, Belanda di University of Leiden, dan Mesir di al-Azhar University of Cairo. Tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu dan wawasan dosen PTAI yang mempunyai tugas dan peran yang strategis dalam pembangunan nasional terutama di bidang pendidikan.

Tidak lama lagi sekitar Bulan November-Desember 2010, dosen Stain Salatiga sekaligus Kepala Program Studi Manajemen Keuangan Syariah (MKS) Stain Salatiga, Faqih Nabhan, SE, Akt, MM akan berangkat ke Australia, tepatnya ke University of  Melbourne. Pak Faqih akan berada di Australia selama 30 hari dengan tujuan untuk memperdalam academic writing. Kepergian Pak Faqih disponsori oleh Kementrian Agama RI bersama 23 peserta lainnya. Pak Faqih berharap bahwa setelah mendapat ilmu academic writing, beliau dapat menyelesaikan disertasinya di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Selain Pak Faqih, satu dosen lainnya yang berangkat adalah Mukti Ali, S. Ag, M. Hum ke University of Leiden, Belanda. Tujuan Pak Mukti Ali sama dengan Pak Faqih yaitu untuk memperdalam academic writing. Selain academic writing, mereka berdua akan memperdalam pula cross cultural studies yang memang diperuntukkan bagi calon doktor. Sementara untuk research follow hanya diperuntukkan khusus untuk Guru Besar.

Tujuan academic writing sendiri adalah untuk melatih dosen PTAI untuk menuangkan intisari disertasi sesuai dengan pendekatan dan metode-metode untuk menjelaskan penulisan disertasinya. Target academic writing adalah peserta mempunyai kemampuan untuk menulis intisari disertasi sepanjang 50 halaman. Selain kemampuan menulis intisari disertasi, peserta diharapkan mampu menulis di jurnal internasional sesuai dengan bidangnya masing-masing. (Hh)