ASN Kemenag Diminta Menjadi Duta Penerbar Kedamaian

Aparatur Sipil Negera (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) dan seluruh komponen umat beragama di Tanah Air agar bersama-sama menjadi Duta Penerbar Kedamaian. Untuk itu, Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama tahun 2018 mengambil tema “Tebarkan Kedamaian”

Meneteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengajak seluruh ASN untuk bisa membuktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejuakan yang menentramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tentram dan sejahtera. Pesan kedamaian ini makin terasi penting untuk digaungkan agar kita tidak terjerembab dalam kubangan dan jebakan permainan atas nama agama.

“Kalaulah belum sanggup mengatasi pertentangan dengan seruan damai, setidaknya marilah mendamaikan diri sendiri dari nafsu angkara murka, syak wasangka, tingkah yang pander, sifat-sifat batil, ataupun yang jahil,” ujar Menag melalui sambutan dalam upacara HAB ke-72 Kementerian Agama di halaman Kampus III IAIN Salatiga, Rabu (3/1).

Kementerian Agama patut bersyukur, berbagai upaya perbaikan telah membuahkan hasil. Mengiringi usianya yang ke-72, Kementerian Agama sukses menorehkan sejumlah prestasi. Di bidang tata kelola, mendapatkan opini hasil audit BPK dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan kenaikan indeks penilaian reformasi birokrasi.

Kemudian pada bidang haji, indeks kepuasan jemaah haji terus meningkat. Indeks kerukunan beragama berada dalam angka positif. Begitu pula dengan pelayanan nikah di KUA. Juga kenaikan pada standar mutu pendidikan agama dan perguruan tinggi. Selain itu, Kemenag dinilai sebagai penyumbang terbanyak PNBP terbesar, pelapor LHKPN terbanyak serta beberapa penghargaan lainnya dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Walikota Salatiga juga meminta supaya Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama(Kemenag) Kota Salatiga untuk giat berinovasi, dalam memberikan pelayanan publik sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawabnya.

“ASN Kemenag harus terus berinovasi agar tidak menjadi mesin tua yang using. Berikan layanan public terbaik kepada masyarakat,”kata Yulianto, M.E.  

Sesuai dengan amanat Menteri Agama, seluruh bagian Kemenag harus bisa bertransformasi dan bersinergi dengan baik melalui system kekinian. Hal itu harus ditunjang dengan mental dan budaya pikir ASN. (zid/hms)