IAIN Salatiga Bawa Pulang 3 Mendali di PIONIR IX

SALATIGA-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga berhasil membawa 3 medali di ajang Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2019 yang diselenggarakan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, tanggal 15-21 Juli 2019.

Tiga medali yang berhasil dibawa pulang pertama dari Film Pendek dengan judul “Serasa Semanusia” dengan membawa medali Perak. Medali perak kedua yakni berasal dari cabang Musikalisasi Hadis dan pada cabang olahraga Voli Putri IAIN Salatiga berhasil membawa medali perunggu usai mengalahkan UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Sidqon Maesur, Lc. M.A., mengatakan selain membawa pulang tiga mendali, IAIN Salatiga juga berhasil mendapatkan juara harapan dari cabang Pencak Silat Putra dan juara Fotogenik pada pemilihan Duta PTKIN 2019.

“Meskipun sudah berusaha maksimal serta belum sesuai dengan harapan, tetapi kami tetap bersyukur bisa membawa pulang dua medali Perak, satu medali Perunggu, serta juara harapan dan juara fotogenik,” ujar Waki Rektor III saat apel pagi di kampus 3, Jalan Lingkar Salatiga Km.2, Senin (22/07/2019).

Dr. Sidqon juga menyampaikan bahwa pada PIONIR X tahun 2021 berdasarkan hasil musyawarah Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN se-Indonesia, menominasikan tiga PTKIN Calon Tuan Rumah PIONIR X Tahun 2021, yaitu UIN Alauddin Makasar, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan IAIN Salatiga.

Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag., ditemui usai membuka Sosialisasi Litapdimas dan Penelitian Tahun 2020 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga yang diselenggarakan mulai 24-25 Juli 2019 di Auditorium Gedung KH. Hasyim Asy’ari kampus 3, mengatakan bahwa kontingen PIONIR IAIN Salatiga sudah berjuang maksimal. Mereka bagaimanapun sudah berpartisipasi merayakan kebersamaan, yang menjadi salah satu mantra Kementerian Agama. Selain itu, mereka juga sudah menjunjung sportifitas dalam pertandingan yang berlangsung selama PIONIR IX PTKIN Tahun 2019.

“Perolehan medali adalah suatu prestasi tersendiri bagi lembaga, Kami tetap mengapresiasi semua perjuangan kontingen,” kata Rektor IAIN Salatiga. IAINSalatiga-#AKSI (hms/zie)