IAIN Salatiga Selenggarakan KML 2017

Sebanyak 86 mahasiswa bidikmisi angkatan tahun 2015 dan 2016 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga ikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML). Acara KML berlangsung di Kampus III IAIN Jl. Lingkas Salatiga, pekan lalu.

Perseta KML tahun ini berasal dari mahasiswa bidikmisi angkatan 2015 sejumlah 29 orang dan angkatan 2016 sebanyak 57 orang. KML 2017 bertempat di Kampus III IAIN Salatiga dan berlangsung pada 22-27 September 2017.

Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) IAIN Salatiga bekerjasama dengan Kwarting Cabang (Kwarcab) Kota Salatiga. Dalam rangkaian pembukaan KML dihadiri Rektor IAIN Salatiga selaku Ka. Mabigus Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd., Ka. Kwarcab Kota Salatiga Muh. Haris, M.Si., dan sejumlah pelatih dari Kwarcab Kota Salatiga.

Ka. Mabigus IAIN Salatiga Rahmat Hariyadi saat memberikan sambutan berpesan pendidikan Pramuka adalah kegiatan itu menarik, menantang, dan menyenangkan. Selain itu, pendidikan Pramuka mengandung pendidikan yang membentuk karakter. “Pendidikan Pramuka itu penting, pendidikan yang menarik, menantang, dan menyenangkan dapat membentuk karakter generasi bangsa,” kata Ka. Mabigus.


Kemudian Ka. Kwarcab Kota Salatiga Muh. Haris ketika membuka cara itu mengatakan, kursus ini merupakan kerjasama antara gugus depan 02.237 dan 02.238 pangkalan IAIN Salatiga dengan Kwarcab Kota Salatiga dan sudah berjalan 15 tahun atau 3 periode kepemimpinan.

“Kursus ini mempersiapkan calon pembina Pramuka yang mumpuni, maka ikutilah kursus dengan sungguh2 secara progresif dan mengamalkan Prinsip Dasar Kepramukaan serta Metode Kepramukaan Supaya menjadi pembina yang mumpuni,” ujar Muh. Haris.

KMD dan KML sendiri adalah salah satu program unggulan dalam pengelolaan mahasiswa bidikmisi dibawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama dalam membentuk karakter. KML sendiri mempunyai tujuan memberikan bekal tambahan mahasiswa bidikmisi setelah lulus mempunyai surat pendamping ijazah sebagai bekal terjun di masyarakat.

Rangkaian kegiatan KML 2017 ditutup Waka Binawasa Nunuk Dartini, M.Si. didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Moh. Khusen, M.Ag., M.A. dan Pembina gugus depan 02.237 dan 02.238, Rabu (27/09/2017).