IAIN Salatiga Tuan Rumah Ujian CPNS

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga menjadi tuan rumah ujian Seleksi Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 dari tiga satuan kerja (Satker), yakni IAIN Salatiga, UIN Walisongo Semarang, dan IAIN Surakarta. Sebanyak 642 peserta, dari berbagai daerah mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kementerian Agama, di Kampus III IAIN, di Jalan Lingkar Selatan Salatiga, Senin-Selasa (23-24/10).

Para peserta tersebut mengisi formasi CPNS di IAIN Salatiga (15 formasi), UIN Walisongo Semarang (20 formasi), dan IAIN Surakarta (15 formasi). Sistem ujian yang dilakukan berbasis komputer atau computer assisted test (CAT).

”Ini untuk kali pertama IAIN Salatiga, menjadi pusat pelaksanaan tes CPNS untuk mengisi formasi CPNS di perguruan tinggi Islam di Jawa Tengah,” kata Rektor IAIN Salatiga, Dr. Rahmat Haryadi, M.Pd. didampingi Diyah Rohati, M.H., koordinator pelaksanaan tes CPNS, di lokasi ujian, kemarin.

Menurutnya, segala persiapan telah dilakukan IAIN Salatiga untuk menyediakan berbagai fasilitas pelaksanaan ujian CPNS tersebut. Termasuk menyiapkan ruangan dan sejumlah fasilitas komputer. Pelaksanaan ujian dilaksanakan secara bertahap selama dua hari, di mana setiap sesi diikuti 80 peserta dengan waktu sekitar 1,5 jam.

”Ada 8 sesi pelaksanaan tes CPNS yang berlangsung di IAIN Salatiga ini,” ungkap Rektor. Setelah proses mengikuti ujian SKD CPNS akan diambil peserta dengan nilai terbaik untuk mengikuti tes wawancara.

Selama proses tes tersebut melibatkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI.


Terbanyak

Diyah Rohati menambahkan, IAIN Salatiga termasuk lembaga pendidikan di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan pendaftar CPNS terbanyak dari 71 PTKIN yang ada di Indonesia. “Setelah mengikuti SKD CPNS, peserta dapat langsung melihat dan mengetahui standar nilai (passing grade) yang harus dicapai untuk mengetahui proses selanjutnya,” terangnya.

Pihaknya berharap agar pelaksanaan SKD CPNS tersebut dapat berjalan dengan lancar. Sementara itu, Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama (Kemenag) (R.I), Ahmadi, M.Ag., disela-sela monitoring mengungkapkan rasa bangga dengan fasilitas dan suasana di IAIN Salatiga yang layak sebagai tempat SKD CPNS tahun ini.

Kepala Biro sendiri saat berada diruang ujian menyampaikan beberapa pesan kepada peserta, pertama selamat mengikuti tes SKD CPNS pada hari ini dan kedua pastikan bahwa anda semua dalam menjawab soal dalam kondisi tenang. “Pastikan anda dalam menjawab soal dalam kondisi tenang, yakinlah masuk passing grade, dan berdoalah dapat lolos tes kali ini,” kata Kepala Biro Kepegawaian.

Dia bersyukur karena proses tes di IAIN Salatiga berjalan dengan lancar dan jumlah peserta sangat banyak. Dia juga mengapresiasi passing grade dari peserta tes di IAIN Salatiga, di mana hasilnya sangat bagus. “Standar nilai yang dicapai telah mencapai 25% dibanding beberapa tempat lain yang hanya mencapai 10%,” ujar Kepala Biro Kepegawaian Kemenag R.I.