Menpora Mendukung Pembinaan Atlet di Kampus

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi menyatakan mendukung kegiatan olahraga serta pembinaan atlet di kampus. Ia berharap agar di kampus juga bisa bisa melahirkan generasi muda yang bisa memperjuangkan nama baik almamater, bangsa, dan negara, tak terkecuali dalam bidang olahraga. Hal itu dikatakan Menpora usai meletakkan batu pertama pembangunan sport center kampus IAIN Salatiga di Pulutan Salatiga, Sabtu (9/9).

Kedatangan Imam Nahrawi juga dalam rangkaian peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada 9 September. Sebelum meletakkan batu pertama, pria asal Surabaya ini mengikuti senam massal dan orasi kebangsaan di halaman Kampus 3 IAIN Salatiga. Didampingi oleh istri, Shobibah Rohmah, dan Rektor IAIN Salatiga, Menpora berkeliling menghampiri ribuan mahasiswa saat melakukan senam. Mahasiswa begitu antusias dan mengajak Menteri berfoto dan berswafoto.

”Apa yang menjadi keinginan Rektor IAIN Salatiga untuk membangun sport center ini harus kita kawal. Dengan pembinaan olahraga di kampus, diharapkan bisa memadukan ilmu teknologi dan olahraga, sehingga bisa menciptakan prestasi,” tuturnya.

Dikatakan, olahraga bukan semata- mata kebutuhan individu, tetapi menjadikan satu, keanekaragaman, kebhinekaan dan akan menaikkan martabat harga diri bangsa. Menurutnya, pengembangan prestasi olahraga harus ”dikeroyok” bersama sebagai motto kemerdekaan 72 tahun Indonesia melalui kampus, masyarakat, keluarga, perusahaan, dan media.


”Haornas menjadi momentum penting untuk menciptakan lebih banyak lagi atlet-atlet olahraga termasuk di lingkup perguruan tinggi. Kampus memiliki peran yang sangat strategis. Karena itu infrastruktur di kampus itu penting, selain memberikan ruang hobi tapi juga ke depan mungkin ada kewajiban dari Rektor bahwa semua mahasiswa harus punya keahlian di bidang olahraga prestasi,” imbuhnya.

Rektor IAIN Salatiga, Dr. Rahmat Haryadi, M.Pd. mengatakan, kehadiran Menpora ini sangat penting bagi mahasiswa. Sebab, Menpora juga memberi motivasi kepada mahasiswa agar bisa berprestasi dan menjadi bermanfaat di tengah masyarakat.

”Menpora ini juga lulusan IAIN, sehingga diharapkan para mahasiswa IAIN Salatiga ini termotivasi untuk belajar dan berprestasi seperti Menpora,” katanya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Administrasi, Perencanaan, dan Keuangan IAIN Salatiga, Kastolani menambahkan, pembangunan sport center rencananya akan dilakukan bulan ini dengan menelan dana Rp 1,9 miliar. Untuk mengawali pembangunan itu, akan dibangun lapangan futsal.

”Kita akan membangun sesuai master plan, yakni lapangan futsal, lapangan basket, lapangan tenis, dan lapangan bola voli, semuanya out door. Fasilitas akan dibuka untuk umum, harapannya IAIN bisa menjadi pusat kegiatan olahraga dengan berbagai fasilitas yang disediakan,” terangnya.