Mitapasa Sukses Selenggarakan MCC 2017

Salatiga–Unit kegiatan mahasiswa pecinta alam (Mapala) Mitapasa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga sukses menggelar Mitapasa Climbing Competition  (MCC) 2017. MMC di laksanakan di Wall Climbing Mitapasa Kampus 1 IAIN Salatiga, akhir pekan lalu.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta mapala dan Pelajar putra/putri dari berbagai daerah di Indonesia. MCC merupakan ajang kompetisi dalam bidang olahraga panjat dinding bagi mapala dan pelajar di tanah air.

Ketua umum Mapala Mitapasa IAIN Salatiga Soleh Rubiyanto, menjelaskan bahwa tujuan diadakanya  MCC ini sebagai ajang adu prestasi bagi atlit-atlit climber mapala dan pelajar. Disamping itu, tujuan lain yakni sebagai ajang silaturahmi antar Mapala Se-Indonesia.

“Kami sangat berharap MCC 2017 ini mampu untuk menumbuh kembangkan minat anak-anak muda untuk gemar berolahraga walaupun tidak harus panjat tebing, karena olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh,” terang Soleh.

Sedangkan Ketua panitia Abu Yazid, mengatakan lomba terakhir digelar 2013 lalu, dengan jumlah peserta 30 orang. Namun kali ini jumlah peserta mebludak, melebihi dari target yang diperkirakan. “MCC pada tahun ini terbilang  sukses, karena jumlah peserta yang mendaftarkan melebihi target yang diperkirakan oleh panitia,” katanya.


Pertandingan

Abu Yazid juga menambahkan bahwa, jumlah peserta tahun ini mencapai 106 orang. Untuk itu, pada pelaksanaan MCC tahun ini terbagi tiga tahapan pertandingan yang harus di lewati oleh para peserta, yaitu : kualifikasi, semifinal, dan final.

“Seperti diketahui, panjat diding merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porprov, PON, dan lain sebagainya, serta menjadi cabang andalan di Jawa Tengah. Jadi kami merasa senang bisa sukses menyelenggarakan MCC ini,” ujar Abu.

Para juara akan mendapatkan trophy dan uang pembinaan dari mapala Mitapasa IAIN Salatiga.  Adapun untuk kategori Mapala putra Juara pertama diraih Moh. Abdul Latif (Mapala Osipital kedokteran UNSOED), juara kedua diraih Dama Sautsa Qanidellabas (Mapala Himapala Bekisar Jember), dan juara ketiga diraih Moh. Hidayat (Mapala Aldakawanaseta UDINUS).

Sedangkan untuk kategori Mapala putri juara pertama diraih Ida Putri Perdana S. (Mahapala Stesia Surabaya), juara kedua diraih Ruri Diwira (Mapala Mitragahana FEB UKSW Salatiga), dan juara ketiga diraih Nova Amelia (Mapala Aldakawanaseta UDINUS).

Dalam kategori pelajar, juara pertama Alamsyah Cahya Putra (RHC Makalu SMAN 12 Surabaya), juara kedua diraih Gracia Evania Laviola (SMAN 3 Purwokerto), dan sebagai peraih juara ketiga Farida (SMPN 3 Batang).