SAMBUTAN REKTOR PADA WISUDA I IAIN SALATIGA

بسم الله الرحمان الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته –   الحمد لله –

و الشكر لله – والصلاه والسلام على رسول الله

ولا حول ولا قوة الا بالله

 

Yth. Dirjen Pendidikan Islam, Kemenag. RI, Bp. Prof. Dr. Phill. Kamaruddin Amin, MA

Ykh. Anggota Senat IAIN Salatiga

 

  • Para dosen, karyawan, dan segenap panitia,
  • Orang tua wisudawan dan wisudawati
  • Para tamu undangan
  • Dan para wisudawan-wisudawati yang berbahagia

 

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Swt., yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada Hari ini, Sabtu tanggal 20 Rajab 1436 H bertepatan dengan tanggal 9 Mei 2015 M, IAIN Salatiga dapat menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda I (pertama). Shalawat serta salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Baginda Rasulullah Muhammad Saw., yang telah membawa ajaran kebenaran sebagai penuntun bagi kebahagiaan dan keberhasilan hidup setiap manusia.

Bapak Dirjen dan hadirin sekalian yang saya hormati, wisudawan-wisudawati yang berbahagia.. Wisuda kali ini memiliki makna penting dalam perjalanan sejarah lembaga. Sejak berdiri di tahun 1970 sebagai Fakultas Tarbiyah cabang dari IAIN Walisongo Semarang di Salatiga, kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga di tahun 1997, maka hari ini merupakan wisuda pertama dalam bentuk lembaga sebagai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Perubahan bentuk lembaga ini tertuang dalam Peraturan Presiden RI Nomor 143, Tanggal 17 Oktober 2014, yang dijabarkan dalam Peraturan Menteri Agama RI Nomor 7, Tanggal 12 Februari 2015. Secara resmi Menteri Agama RI, Bapak Lukman Hakim Saifudin telah meresmikan perubahan bentuk ini pada tanggal 6 April 2015.

Perubahan bentuk dari STAIN menjadi IAIN, diharapkan dapat memberikan kebanggaan dan rasa percaya bagi segenap sivitas akademika maupun alumni. Selain itu, melalui perubahan bentuk, maka lembaga ini mendapatkan perluasan mandat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan disiplin ilmu, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat serta seluruh stake holder lainnya.

Atas nama pribadi dan segenap pimpinan IAIN Salatiga, kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan/ wisudawati yang telah menyelesaikan studinya sesuai dengan program studi masing-masing. Kepada para orang tua, kami sampaikan terima kasih telah memberikan amanat dan mempercayakan pendidikan putra-putrinya di IAIN Salatiga. Pada hari ini kami serahkan kembali putra-putri Bapak/Ibu, dengan iringan doa yang tulus, semoga mereka membawa bekal ilmu yang bermanfaat untuk menjalani kehidupan di masyarakat dan meraih keberhasilan hidup di dunia dan akhirat.

Kepada para dosen, karyawan serta para pejabat akademik maupun struktural kami sampaikan terima kasih atas kerja keras dan dedikasinya sehingga berhasil mengantarkan para mahasiswa menyelesaikan studi dan mengikuti wisuda pada hari ini. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Pemerintah, melalui kementerian AgamaRI, pemerintah daerah, para donatur yang memberikan beasiswa, serta semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan pendidikan di IAIN Salatiga.

Bapak Dirjen dan hadirin sekalian yang saya hormati..     Khususnya kepada wisudawan-wisudawati..

Dapat saya sampaikan bahwa apabila kita tengok kembali hakikat fungsi pendidikan dalam perspektif sosiologis yang bersifat preparatoris-antisipatoris. Pendidikan hakikatnya berfungsi sebagai upaya menyiapkan generasi muda untuk menduduki peran sosial di masa datang, dengan mengantisipasi perubahan dan keadaan yang akan terjadi. Sebagaimana diketahui bahwa dewasa ini perubahan dalam berbagai bidang terjadi sangat cepat, sehingga dapat dikatakan bahwa pendidikan selalu tertinggal di belakang perubahan. Oleh karena itu, maka pendidikan yang telah saudara terima di IAIN ini harus dipandang sebagai dasar untuk terus belajar. Apabila Anda berhenti belajar setelah lulus, maka Anda benar-benar akan tertinggal di belakang perubahan.

Selain itu, terkait dengan peran sosial yang hendak dimasuki, pendidikan di IAIN ini telah berusaha meletakkan kerangka dasar dan mencetak lulusan yang memiliki kualifikasi 4 (empat) B, yaitu: Bertaqwa, Berilmu, Bijak, dan Berguna.

Bertaqwa adalah manifestasi keyakinan akan kedudukan kita sebagai hamba Allah, serta satu-satunya jalan untuk meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Berilmu berarti memiliki seperangkat pengetahuan dan teori-teori sesuai bidang kajiannya, serta memiliki kesiapan untuk terus belajar mengikuti perkembangan keilmuan. Dengan ilmu ini maka sesuai janji Allah, insya-Allah setiap alumni akan mendapatkan derajat yang tinggi.

Bijak, maksudnya setiap alumni IAIN tidak terjebak pada paham dan aliran yang sempit, namun dapat melihat segala perbedaan pemikiran, aliran, maupun kelompok dengan penuh kearifan dan toleransi. Alumni IAIN Salatiga hendaklah melaksanakan misi dakwah dengan senantiasa mengede-pankan kebijaksanaan (bi al-hikmah wa al-mauidhati al-hasanah). Sedangkan berguna, artinya setiap lulusan hendaknya siap berkiprah di masyarakat, baik sesuai dengan disiplin ilmunya, maupun dalam pembangunan masyarakat secara luas. Lulusan IAIN Salatiga hendaknya mampu meraih predikat sebagai khairunnaas an fa’uhum linnaas, karena kehadirannya yang memberikan manfaat bagi lingkungan di mana pun berada.

Bapak Dirjen dan hadirin sekalian yang saya hormati, wisudawan-wisudawati yang berbahagia..

Pada kesempatan wisuda pertama IAIN Salatiga ini, rasanya penting pula untuk kami melaporkan secara singkat kondisi dan potensi lembaga ini, kepada Bapak Dirjen, Anggota Senat, Para Wali Wisudawan, tamu undangan serta hadirin sekalian. Pada tanggal 6 s.d. 8 Mei 2015 kemarin, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), telah menugaskan tiga orang asesor untuk melakukan asesmen lapangan Akreditasi Institusi IAIN Salatiga. Ketiga asesor tersebut adalah: Prof. Kamanto Sunarto, SH., Ph.D (Mantan Ketua BAN-PT), Prof. Dr. Ahmad Qadir Gassing (Mantan Rektor UIN Alaudin Makasar), dan Prof.Dr. Ir. Sari Bahagiarti Kusumayudha, M.Sc (Rektor UPN “Veteran”, Yogyakarta). Ada satu ungkapan yang secara pribadi saya minta kepada ketiga asesor tersebut tentang keadaan IAIN Salatiga. Beliau menyatakan: IAIN Salatiga telah memiliki cukup modal untuk take off menjadi perguruan tinggi yang maju.

Dapat kami laporkan di sini bahwa di antara modal yang saat ini dimiliki IAIN Salatiga adalah:

  • Semangat kerja semua warga kampus dan suasana kebersamaan yang sangat kondusif.
  • 5 Fakultas: FTIK, Syariah, Dakwah, Ushuluddin, Adab dan Humaniora, serta FEBI
  • 18 Prodi S-1 (PAI, PBA, TBI, PGMI, PGRA, Tadris Mate-matika, Tadris IPA, Perdata Islam (al Akhwal al Syakhshi-yyah); Hukum Ekonomi Syariah (HES); Hukum Tatanegara Islam; Komunikasi & Penyiaran Islam (KPI); Sejarah Kebudayaan Islam (SKI); Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT); Bahasa dan Sastra Arab; Filsafat Agama; Ilmu Hadis; Perbankan Syariah (PS) S-1 dan D-3, serta Ekonomi Syariah
  • Program Khusus Kelas Internasional, untuk menyiapkan para penyebar Islam di berbagai negara, yang mampu mengajar dengan Bahas Inggris atau Arab.
  • 2 Program Studi Pascasarjana, S-2 PAI (terakreditasi B), dan S-2 Beasiswa Supervisi/Kepengawasan
  • Mahasiswa sejumlah 5158 orang
  • 110 Dosen Tetap, dan 21 dengan Calon Dosen (CPNS): 22 diantaranya Doktor, 4 Profesor, 40 Sedang S-3, sisanya sedang proses mendaftar S-3., Hampir 100 % dosen pernah mengikuti kursus, pelatihan atau penelitian di luar negeri berbagai negara. Selain itu juga memiliki 50 Tenaga Kependidikan PNS, dan 110 Dosen Non PNS, dan 51 Karyawan non PNS.
  • 3 lokasi kampus:

Kampus 1 = 1.3 Ha., kampus 2 = 2,4 Ha, dan kampus 3 = (rencana 20 Ha, dan akan terus dikembangkan sesuai master plan menjadi 45 ha), tahun ini mulai dibangun gedung kuliah 7.200m2

  • Perpustakaan yang representatif
  • 8 Jurnal ilmiah, 1 Terkareditasi A, 2 Terakreditasi B, dan 2 sedang diusulkan akreditasi.
  • Peringkat Webometrik: ke 7 dari semua PTKIN, 101 dari seluruth PT di Indonesia.
  • Program ma’had (pesantren) bagi mahasiswa/i
  • Program mengaji/menghafal surat/ayat al-Qur;an, setiap permulaan kuliah
  • Menjalin kerja sama dengan berbagai institusi serta PT di dalam dan luar negeri.
  • Prestasi Mahasiswa dalam berbagai kejuaraan, baik dalam bidang akadimik maupun pengembangan bakat-minat, antara lain:
  1. Dalam invitasi Pekan Pengembangan Bakat Minat Mahasiswa PTAIN se Jawa di IAIN Surakarta, dapat diraih Juara 1 dan 2 pidato bahasa Inggris; Juara 1 dan 3 MTQ putri; Juara 1 hifdzul qur’an putri dan Juara 2 menulis essai, Juara 1 catur dan juara 1 futsal.
  2. Juara 3 MTQ putri tingkat mahasiswa LPTQ Jawa Tengah
  3. Juara 3 lomba alat peraga PGMI di pekalongan
  4. Juara 1 panitera dalam lomba moot court (peradilan semu) di IAIN Purwokerto.
  5. Juara 2 wushu dalam olimpiade mahasiswa tingkat asean di Palembang.
  6. Juara 1 pencak silat dalam kejurnas pencak silat di UPN yogyakarta.
  7. Juara 1 favourite duta geerasi berencana (genre)tingkat nasional
  8. Juara 1 catur dan panjat tebing dalam Pekan Olah Raga dan Seni Mahasiswa PTAIN Se Indonesia (pionir) di Banten.

Dengan modal tersebut, kami berharap kepercayaan dan dukungan masyarakat, pemerintah daerah dan Kementerian Agama akan terus meningkat. Melalui Bapak Dirjen, kami mohon dukungan sepenuhnya dari Kementerian Agama, agar IAIN Salatiga ini benar-benar dapat mewujudkan harapan dan impian sivitas akademika, umat Islam, serta masyarakat Salatiga dan sekitarnya.

Bapak Dirjen dan hadirin sekalian yang saya hormati, wisudawan-wisudawati yang berbahagia..

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya sampaikan terima kasih kepada segenap panitia yang telah menyiapkan wisuda ini. Kepada hadirin sekalian saya mohonkan maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan. Kepada para wisudawan saya ucapkan selamat jalan. Doa kami secara tulus menyertai Anda semua, semoga berhasil meraih kemuliaan hidup di dunia dan akhirat. Amiin.

 

Demikianlah sambutan saya. Wal’afwu minkum..

Wassalaamu’alaikum, w w.

 

 

 

 

                                                                        Salatiga, 9 Mei 2015

                                                                        Rektor,

 

                                                                        ttd

 

                                                                        RAHMAT HARIYADI