UPTPB IAIN Bedah Lagu Arab

Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Bahasa (UPTPB) IAIN Salatiga mengadakan acara “Ngabuburit Bedah Lagu Arab” bekerjasama dengan UKM Bahasa Arab ITTAQO dan Ikatan Mahasiswa Studi Arab se-Indonesia (IMASASI Wilayah VI), Selasa (13/06). Acara yang bertempat di ruang English Rendezvous dan Zawiya Arabiya ini dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswi IAIN Salatiga dan juga beberapa perwakilan dari perguruan tinggi di Jawa Tengah, seperti UNS Solo, IAIN Surakarta dan Unwahas Semarang.

Acara ini diawali dengan penampilan tari dari anggota Ittaqo kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua UPTPB, bapak Hanung Triyoko. Dalam sambutannya, Pak Hanung memberikan apresisasi yang tinggi atas semangat panitia dan peserta untuk lebih mengembangkan dan mencintai bahasa Arab. UPTPB IAIN Salatiga menurutnya akan memberikan fasilitas terbaik untuk kegiatan kebahasaan, utamanya bahasa Inggris dan Arab.


“Bahasa Arab harus dikemas dengan kemasan yang lebih menarik, utamanya untuk para pemuda. Kita kembangkan “al-‘arabiyyah li as-syabâb”. Bagaimana bahasa Arab itu juga bisa dekat dengan kekinian, seperti dengan adanya lagu-lagu yang bisa menjadi sarana untuk belajar bahasa Arab dengan menyenangkan”, tuturnya.

Bedah lagu Arab sebagai inti dari acara ini disampaikan oleh Burhan Yusuf Habibi, dosen bahasa Arab IAIN Saalatiga dan M. Arif Fadlurrahman, ketua IMASASI Wilayah 6. Lagu yang dibahas berjudul “Hâ Anâ Dzâ” yang berarti ‘inilah aku’ dengan bahasa Arab baku. Selain dari segi bahasanya yang bagus, lagu ini juga berisi motivasi untuk bisa mengembangkan diri dengan penuh keteguhan dan kegigihan untuk mencapai apa yang diinginkan.

Acara ini ditutup dengan penampilan-penampilan bernyanyi dari perwakilan panitia dan peserta kemudian dilanjutkan dengan buka bersama.