Penganugrahan October For Library Literacy 2017

Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga baru-baru ini menyelenggarakan October For Library Literacy. Puncak acara itu, yakni memberikan penganugrahan kepada visitor dan lomba selfie yang berlangsung di Perpustakaan Kampus III Jalan Lingkar Salatiga Km. 2, Kamis (12/10/2017) lalu.

Rangkaian dimulai dengan lomba selfie (1-10 Oktober 2017), pengunjung teraktif dengan kategori dosen, karyawan, dan mahasiswa. Kegiatan terkahir 12 Oktober 2017, yakni panggung literasi yang menggandeng komunitas literasi mahasiswa dengan menampilkan beberapa performance apik berupa baca puisi, baca pantun, talk show penulisan buku dan penganugrahan  October For Library Literacy.

Kepala Unit Pelayanan Teknik (UPT) Perpustakaan IAIN Salatiga Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI, M.Hum. saat diwawancari mengatakan, alas an membuat kegiatan tersebut pertama pada bulan September merupakan hari literasi atau hari aksara internasional. Kedua pada Oktober bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda yang yang diikrarkan pada 28 Oktober 1928.

Dijelaskan, latarbelakang kegiatan ini sebagai penghargaan kepada pengguna perpustakaan, khususnya bagi sivitas akademika IAIN Salatiga. Selain itu, dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat mendekatkan perpustakaan pada mahasiswa, perpustakaan tidak lagi menjenuhkan.

Dengan demikian,  tujuan terselenggarkannya kegiatan ini yaitu “membumikan” perpustakaan kepada masyarakat pengguna (mahasiswa), khususnya Perpustakaan IAIN Salatiga. Selain itu, memberikan apresiasi dan mewadahi bakat minat terhadap pengguna perpustakaan.


October For Library Literacy mempunyai tujuan pertama membumikan perpustakaan, kedua memberikan apresiasi dan mewadahi bakat serta minat para pengguna Perpustaakan IAIN Salatiga,” kata Wiji Suwarno yang juga ketua FPPT Jateng.

Wiji Suwarno menambahkan, bahwa ada lebih dari 100 foto selfie terkirim ke panitia. Hal tersebut sebagai wujud apresiasi, bahwa perpustakaan semakin dekat dengan mahasiswa maupun sivitas akademika. ”Dengan perpustakaan – aku bisa, dengan literasi – aku jaya, dengan perpustakaan literasi – aku bisa jaya,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil lomba October For Library Literacy, pemenang lomba selfie Juara 1 Apriliawati (Mahasiswa Ekonomi Syariah), Juara 2  Ayu Tutik Setyowati (dari unsur sekuriti), dan Juara 3  diraih oleh Suethi Maharani (dari Dosen FUADAH). Sebagai pengunjung teraktif tahun 2017 adalah dari kategori mahasiswa  Devye Andari (dari mahasiswa TBI), kategori karyawan dimenangkan oleh Tri Nuri Handayani, S.E., dan dari kategori Dosen diraih oleh Endah Nur Fitriyani, M.E.

Wakil Rektor BIdang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Agus Waluyo, M.Ag., dalam sambutannya mewakil Rektor IAIN Salatiga mengatakan sangat mengapresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan perpustakaan. Kegiatan yang ringan, namun mengena dikalangan mahasiswa maupun sivitas akademika.

“Sudah saatnya mahasiswa menjadikan perpustakaan sumber pencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dosen, bukan lagi mengandalkan internet karena falisitas informasi yang diberikan tidak selamanya ter-up date,” kata Wakil Rektor.