Biro Tazkia UIN Salatiga Adakan Pelatihan Pertolongan Pertama Psikologis

SALATIGA-Biro Konsultasi Psikologi Tazkia Universitas Islam Negeri Salatiga menyelenggarakan Pelatihan Pertolongan Pertama Psikologis. Kegiatan yang diadakan di Gedung KH. Ahmad Dahlan Kampus III tersebut dilaksanakan selama tiga hari, Senin-Rabu (28-30/11/2022) dan diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari konselor, pekerja sosial, care helper, dan stake holder lain yang bertugas sebagai penolong problem psikologis. Pelatihan yang diisi oleh narasumber dari Kampoeng Hening Jakarta, Sofie Beatrix, itu bertujuan untuk menguatkan kompetensi konselor dalam proses konseling.

Selama pelatihan, peserta berkesempatan untuk mempelajari serangkaian tindakan yang diberikan untuk membantu menguatkan mental seseorang yang mengalami krisis. Selain itu, peserta juga mempelajari teknik terapi reframing, teknik mindfulness dan journaling therapy.

Siti Asdiqoh, M.Si, mewakili Direktur Biro Tazkia dalam sambutannya berharap kegiatan itu dapat memberi manfaat bagi para peserta yang datang dari berbagai kalangan seperti perwakilan instansi pemerintah, guru BK, perwakilan SLB, pengasuh pondok pesantren, perwakilan Remaja Masjid, dan perwakilan Karangtaruna. “Menjadi konselor adalah kegiatan sosial yang kita niatkan sebagai amal ibadah. Menjadi konselor artinya kita harus mengedepankan keikhlasan dan ketulusan, semoga dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan konselor dalam melakukan proses konseling,” ujarnya.

Secara terpisah, Direktur Biro Tazkia, Dr. Ahmad Sulthoni mengatakan bahwa Pelatihan Pertolongan Pertama Psikologis tersebut adalah salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, “Adanya pelatihan ini adalah bentuk komitmen kami untuk memberikan layanan prima bagi masyarakat di Kota Salatiga dan sekitarnya selain kegiatan santunan anak yatim Majelis Doa Mawar Allah yang telah lebih dahulu dilakukan secara rutin.” Dirinya berharap kehadiran Biro Konsultasi Tazkia di tengah masyarakat bisa membawa kemaslahatan dan manfaat.

Menurut Konselor Senior Biro Konsultasi Psikologi Tazkia UIN Salatiga, Dr. Lilik Sriyanti, pihaknya menawarkan berbagai layanan untuk mahasiswa dan masyarakat secara umum. Beberapa layanan yang disediakan Biro Tazkia antara lain adalah layanan konseling, layanan psikotes (tes intelegensi, tes bakat-minat, tes kepribadian, dan tes gaya belajar), hingga menyiapkan narasumber kompeten dalam bidang psikologi untuk kegiatan pelatihan, workshop, atau seminar.