BKPI UIN Salatiga Gelar Seminar Nasional dan Ekspo Media BK

SALATIGA-Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Salatiga berkolaborasi dengan dosen Media Bimbingan Konseling, Yekti Indah Pambudi, M.Pd., mengadakan Seminar Nasional dan Ekspo Media Bimbingan Konseling (BK). Kegiatan yang diadakan di Auditorium Kampus III pada Kamis (24/11) tersebut dihadiri oleh 290 peserta yang terdiri dari mahasiswa, guru BK, dan dosen BKPI UIN Salatiga.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga, Prof. Mansur, dalam sambutan pembukaan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu. “Semoga acara ini dapat menjadi salah satu jalan guna mempersiapkan calon-calon guru BK dalam memberikan pelayanan melalui media yang kreatif,” ujarnya.

Apresiasi juga diberikan oleh Kepala Prodi BKPI, Dr. Wahidin, “Saya salut dengan usaha yang dilakukan teman-teman mahasiswa ini. Saya harap kegiatan ini dapat membekali mahasiswa agar kelak menjadi calon konselor yang inovatif dan kreatif dalam memberikan pelayanan BK.”

Dosen Pembimbing, Yekti Indah menambahkan bahwa tujuan diadakannya Seminar Nasional dan Ekspo Media BK tersebut adalah untuk memperluas pemahaman mahasiswa mengenai pentingnya media BK dalam proses konseling.

Seminar Nasional itu diisi oleh Alfin Miftahul Khairi yang merupakan Koordinator Prodi BKPI UIN Surakarta. Dirinya menjelaskan bahwa media BK adalah hal esensial dalam proses konselung karena memiliki peran untuk meluruskan kesenjangan komunikasi dalam proses layanan BK. “Media BK tentu harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Guru BK harus mampu mengaplikasikan media BK secara online agar proses konseling menjadi lebih efektif dan efisien,” jelasnya lebih lanjut.

Pada kesempatan tersebut diadakan pula penyerahan hadiah untuk mahasiswa yang membuat tugas media BK terbaik.