Rektor Lepas 1.312 Mahasiswa

SALATIGA – Sebanyak 1.312 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga diterjunkan ke masyarakat dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun akademik 2017-2018. Pelepasan para mahasiswa dilakukan rektor IAIN Salatiga Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd. di halaman Kampus III, Senin (8/1) pagi.

Tema pokok KKN tahun ini yaitu ”Masjid sebagai sentral penguatan kelembagaan sosial, pendampingan masyarakat dan keluarga”. KKN Tematik Posdaya dimaksudkan memperkuat kemampuan keluarga, jamaah masjid dan masyarakat secara mandiri.  Dengan demikian mahasiswa dapat belajar dengan masyarakat melalui program-program pengembangan lembaga social.

“KKN menjadi salah satu tugas yang mulia dari proses belajar di lingkungan masyarakat. Untuk itu, saya harap mahasiswa dapat mengaplikasikan pembelajaran untuk mengabdi di masyarakat,” ujar Rektor.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN, Dr. Adang Kuswaya, M.Ag. menyatakan pada tahun akademik 207-2018 ini ada tiga kabupaten yang menjadi posko KKN dan akan berlangsung selama 45 hari. Tiga kabupaten tersebut yakni Kabupaten Magelang, Grobogan dan Boyolali dan  mahasiswa tersebar di empat kecamatan.

Para mahasiswa akan berada di 48 desa yang menjadi tempat pengabdian masyarakat. Dengan rincian sebanyak 369 mahasiswa berada di Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang; 327 mahasiswa di Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan; dan 616 mahasiswa berada di Kecamatan Kemusu serta Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali.


Adapun jadwal keberangkatan masing-masing kecamatan terbagi menjadi tiga kloter, yakni pertama 8 Januari untuk Kecamatan Candimulyo, kedua 9 Januari untuk Kecamatan Kedungjati, dan ketiga 10 Januari untuk Kecamatan Juwangi serta Kemusu.

Dr. Adang Kuswaya juga menjelaskan bahwa koordinasi antara LP2M dengan seluruh kepala desa setempat sudah berjalan baik. Tidak ada permasalahan teknis terkait posko bagi mahasiswa. “Kami bersyukur semua desa yang dituju dapat menerima mahasiswa KKN tahun ini, termasuk dari masing-masing kecamatan juga sangat menerima kehadiran mahasiswa IAIN,” ungkapnya. (zid-hms/ida-dinamika)