Workshop Pemberdayaan Takmir Masjid Kota Salatiga

Workshop Pemberdayaan Takmir Masjid se-Kota Salatiga diselenggarakan di Aula Kampus 2 STAIN Salatiga pada tanggal 10 Agustus 2010 lalu. Acara ini dihadiri tak kurang dari  86 orang utusan yang mewakili 56 takmir masjid se-Kota Salatiga. Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN Salatiga. Tujuan workshop ini adalah memberikan tambahan wawasan kepada Pengurus Takmir Masjid dalam memakmurkan masjid dan jamaah sekaligus untuk menjalin ikatan silaturahmi antara STAIN Salatiga dengan Pengurus Takmir Masjid se-Kota Salatiga.

Tampil sebagai pembicara diantarnya: KH. Mutoha Arkanuddin (General Chairman Jogja Astro Club (JAC) dan Direktur Rukyah Hilal Indonesia (RHI). Drs. Badwan, M.Ag. (Dosen STAIN Salatiga dan PD. Muhammadiyah Salatiga), dan Dr. K.H Saifudin Zuhri, M.Ag. (Ketua MUI Kota Salatiga).             KH. Mutoha Arkanuddin menyampaikan materi tentang falaq, imsakiyak, visualisasi waktu shalat (posisi letak matahari dan bumi, dll.),  serta topik pergeseran arah kiblat. Drs. Badwan, M.Ag. mengupas tentang kiat mengurus organisasi takmir masjid, organisasi masjid, kelengkapan organisasi di bawah takmir mulai dari PAUD/TPA, Madrasah Diniah, koperasi, dan sebagainya, serta pentingnya BKPRM (badan koordinasi yang mengurusi masyarakat sekitar masjid). Sementara Dr. K.H Saifudin Zuhri, M.Ag memberikan pencerahan mengenai  tantangan umat muslim Salatiga dalam pembangunan serta peran mereka dalam Pilkada.

Kepala P3M STAIN Salatiga Dr. Adang Kuswaya, M.Ag. menyampaikan pada Simponi bahwa kegiatan acara ini  merupakan program rutin P3M STAIN Salatiga. P3M STAIN Salatiga memiliki tiga program rutin yag dilakukan dua kali dalam satu tahun yaitu Pemberdayaan Umat, Pemberdayaan Ekonomi Umat, dan Pemberdayaan Madrasah. Workshop Pemberdayaan Takmir Masjid Kota Salatiga ini masuk dalam program Pemberdayaan Umat. Pada kesempatan ini, P3M STAIN Salatiga menyerahkan bingkisan berupa buku khutbah jumat, majalah Lokal, serta Jadwal Imsakiyah STAIN Salatiga untuk Kota Salatiga dan sekitarnya.