Temu Alumni dan Sarasehan Bersama Menakertrans

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Salatiga kini telah beralih status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu di Istana Negara. Dan sebagai bagian dari acara peresmian ini, IAIN Salatiga mengadakan acara Temu Alumni dan Sarasehan pada Sabtu (28/2).

Acara yang diadakan di halaman auditorium kampus I IAIN Salatiga ini dihadiri langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Hanif Dhakiri, yang juga merupakan alumni dari kampus ini. Hanif Dhakiri merupakan alumni dari kampus IAIN Salatiga semenjak masih berstatus sebagai bagian dari Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Hanif adalah mahasiswa Program Studi Bahasa Arab yang masuk pada tahun 1991 dan lulus pada tahun 1996.

Acara Temu Alumni dan Sarasehan ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dengan diawali pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor IAIN Salatiga, Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd., dan dilanjutkan sambutan dari Menakertrans RI, Hanif Dhakiri.

Kedatangan Hanif Dhakiri ini mendapatkan sambutan hangat dari keluarga besar IAIN Salatiga yang terdiri dari dosen, karyawan, dan mahasiswa, termasuknya pada alumni yang dulu duduk di bangku kuliah bersamanya.

Hanif Dhakiri sendiri merupakan mahasiswa yang aktif dalam berbagai organisasi saat masih di bangku kuliah. Keaktifannya di organisasi membawanya sampai ke titik saat ini dimana dia diberikan amanah untuk berjuang dalam kabinet Presiden Joko Widodo ini. Terkait dengan hal itulah yang kemudian disampaikan dalam sambutannya dalam acara Temu Alumni dan Sarasehan ini sebagai motivasi kepada para mahasiswa untuk senantiasa aktif dalam organisasi.

“Lewat organisasi, pemikiran seseorang akan lebih dewasa, dari pada menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang). Berangkat ke kampus setelah selesai perkuliahan langsung pulang.” tuturnya.

Seusai sambutan-sambutan, acara yang dihadiri oleh ratusan alumni dari berbagai angkatan ini kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai peran alumni terkait dengan pengembangan lembaga IAIN Salatiga.

Kegiatan ini pun semakin meriah dengan diadakannya bazar yang diikuti oleh Unit Kegiatan Mahasiswa serta unit-unit yang ada di IAIN Salatiga. (afs)