DIALOG PENGEMBANGAN JARINGAN KERJASAMA DAN PENELITIAN

Dialog Pengembangan Jaringan Kerjasama dan Penelitian merupakan tindak lanjut dari acara Seminar Internasional Pendidikan yang digelar STAIN Salatiga di Hotel Laras Asri Salatiga. Acara dialog terselenggara sore hari di Kampus I Stain Salatiga.

Dialog menghadirkan pembicara utama Dr. M Habib Chirzin dan Dr. Muhammad Bakir bin H Yaakub. Menurut Dr Bakir, Islam telah menekankan pentingnya Iqra yang berarti reading, yaitu bacalah dan searching knowledge. Dengan reading dan searching knowledge, umat Islam di seluruh penjuru dunia dapat memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kelemahan umat Islam yang utama dalam searching knowledge adalah kemampuan untuk melakukan networking.

Kerjasama antara STAIN Salatiga dengan beberapa universitas di Malaysia dapat dilakukan seperti misalnya joint research antara dosen STAIN Salatiga dengan dosen di Malaysia, pertukaran pelajar STAIN Salatiga dengan mahasiswa Malaysia, dan kegiatan akademik lainnya seperti seminar internasional dan forum diskusi. Menurut Dr. Chirzin, di Malaysia, ilmu memiliki knowledge management. Ada beberapa hal yang dapat dipublikasikan secara luas dan ada pula yang digunakan untuk kemajuan negara sendiri.

Karena keterbatasan waktu yang hanya 90 menit, acara dialog diakhiri dengan antusiasme peserta untuk dapat bekerjasama dengan universitas di negara lainnya dalam kegiatan akademik. Kerjasama berikutnya dengan melakukan MOU antara STAIN Salatiga dengan universitas yang dimaksud.