54 Ribu Calon Mahasiswa, Ujian SPMB-PTAIN

Peminat Jurusan Tarbiyah Masih Mendominasi

JAKARTA – Secara serentak 54 ribu calon mahasiswa mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) kemarin (19/6). Pendaftar yang meminati rumpun jurusan Tarbiyah (pendidikan) masih mendominasi.

Pelaksanaan SPMB-PTAIN kemarin digelar di 52 PTAIN yang tersebar di seluruh Indonesia. Seluruh mahasiswa tadi memperebutkan sekitar 52 ribu kuota yang tersebar di 760 program studi (prodi). Pengumuman hasil SPMB-PTAIN ini akan dilaksanakan pada 13 Juli mendatang. Bagi calom mahasiswa yang tidak lulus SPMB-PTAIN ini, masih berpeluang masuk PTAIN melalui ujian mandiri di masing-masing kampus.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Nur Syam mengatakan, pelaksanaan SMPB-PTAIN kemarin berlangsung lancar. Sampai sore kemarin, dia belum menerima laporan ada praktek perjokian. “Mungkin tahu kalau akan masuk kampus Islam. Jadi para jokinya takut kualat,” ujarnya lantas tertawa.

Nur Syam menuturkan, dirinya tidak mendapatkan rekapitulasi jumlah pendaftar berdasarkan jurusan atau prodi yang diminati. Dia hanya mengatakan, kecenderungan tahun ini masih sama dengan tahun lalu.

Yaitu, peminat di IAIN (Instititut Agama Islam Negeri) atau STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) masih didominasi pendaftar jurusan Tarbiyah. Di dalam jurusan Tarbiyah ini ada prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI).

Menurut analisa Nur Syam, peminat jurusan Tarbiyah ini semakin meningkat setelah ada program sertifikasi guru. Dimana guru-guru PNS yang telah bersertifikat, berhak mendapatkan tunjangan profesi pendidik (TPP) sebesar satu kali gaji pokok yang mereka terima per bulan. Sedangkan bagi guru yang belum PNS, memperoleh TPP sebesar Rp 1,5 juta per bulan. Menurut Nur Syam, jurusan Tarbiyah masih dianggap paling dekat dengan dunia kerja.

Di bawah jurusan Tarbiyah, Nur Syam juga merekam adanya pelonjakan peminat jurusan Ekonomi Syariah. “Peminat ekonomi syariah atau ekonomi Islam menyodok ke urutan kedua,” kata dia. Kecenderungan ini dipicu karena mulai tumbuhnya perbankan Islam di Indonesia. Dengan pertumbuhan ini, peluang bekerja sarjana ekonomi syariah kian besar.

Secara umum, Nur Syam mengatakan jumlah calon mahasiswa yang melamar ke PTAIN tahun ini tumbuh pesat. Dia mengatakan, jumlah pendaftar SPMB-PTAIN tahun lalu hanya sekitar 22 ribu orang. Pertumbuhan yang besar ini tidak lepas dari terus terbentuknya PTAIN-PTAIN baru.

Untuk catatan, jumlah pendaftar SPMB-PTAIN terbanyak ada di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan jumlah pendaftar 5.029 orang. Disusul kemudian UIN (Universitas Islam Negeri) Alauddin Makassar (3.251), UIN Sultan Syarif Kasim Riau (3.063).

Sementara itu pendaftar di IAIN Sunan Ampel Surabaya sebanyak 1.172 orang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (2.793), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2.392), dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2.551). Dari seluruh kursi yang tersedia, Nur Syam mengatakan ada alokasi untuk Bidik Misi sebanyak 2.200 orang. (wan)