KKL Ahwal Al-Syakhshiyyah ke Jakarta

Program studi  Ahwal Al-Syakhshiyyah Jurusan Syariah menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bagi mahasiswa. Kegiatan ini  diikuti oleh 33 orang mahasiswa S-1 program reguler maupun non-reguler (NR). Mahasiswa didampingi  5 orang dosen pembimbing lapangan (DPL) termasuk Kaprodi Ahwal Al-Syakhshiyyah, Ilya Muchsin, SH., M.A. dan 5 staff administrasi untuk mendukung kelancaran kegiatan. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 9 hingga 10  Juli 2012. Selama di Jakarta mahasiswa KKL mengunjungi Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Yudisial (KY), dan Komnas Perempuan.  Sayang kunjungan terakhir ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat terpaksa gagal karena ketidaksiapan protokoler MUI.

Saat kunjungi MK rombongan KKL STAIN Salatiga diterima langsung oleh anggota hakim konstitusi MK, Dr. H. Ahmad Fadlil Sumadi, SH., M.Hum. di aula MK. Selama dua jam Hakim MK ini menjelaskan panjang lebar mengenai profil, struktur kerja, tupoksi, dan peran MK dalam negara demokrasi seperti Indonesia. Hakim MK ini pula aktif menjawab aneka pertanyaan mahasiswa seputar kasus-kasus yang telah dan sedang ditangani MK.  Sesi kunjungan ke Komnas Perempuan mahasiswa KKL diterima oleh Kepala Divisi Partisipasi Masyarakat, Siti Maesaroh yang akrab dipanggil Site dan             KH. Khusein Muhammad.  Kedua pengurus Komnas perempuan ini memaparkan secara rinci profil organisasi, struktur kerja, tupoksi, dan  peran penting komisi negara ini dalam menangani kekerasan psikologis, kultural, maupun fisik yang melibatkan perempuan sebagai korban. Mahasiswa tampak antusias mengikuti sesi ini dengan aneka pertanyaan terkait kasus yang ditangani Komisi Perempuan dan hegemoni budaya yang memberikan ruang terjadinya kekerasan terhadap perempuan. Kunjungan cukup membanggakan di Komisi Yudisial karena diterima langsung oleh Ketua Komisi Yudisial Prof. Dr. H. Eman Suparman, S.H., M.H.  Prof. Dr. H. Eman Suparman, S.H., M.H.  tampak menikmati menjawab aneka pertanyaan mahasiswa.

Kegiatan KKL bagi mahasiswa Ahwal Al-Syakhshiyyah Jurusan Syariah memiliki tujuan strategis untuk memberikan mahasiswa pengetahuan tentang tupoksi dan kinerja lembaga-lembaga hukum negara, pembinaan hukum, dan analisis hukum dalam kerangka perpolitikan nasional.  Rombongan KKL menggunakan perjalanan darat berangkat hari Minggu 8 Juli 2012 pukul 15.00 WIB  dari pelataran kampus 1 STAIN Salatiga  dan kembali  tiba di Salatiga Rabu sore 11 Juli 2012.  (AJ)