Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) STAIN Salatiga 2013

Opak STAIN Salatiga 2013
Untuk pertama kalinya STAIN Salatiga melaksanakan kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan atau yang di kenal dengan (OPAK) di gedung KORPRI Salatiga. Kegiatan ini di laksanakan di sana karena melihat banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Ada sekitar 1070 peserta yang mengikuti kegiatan OPAK tersebut yang terdiri dari mahasiswa jurusan Tarbiyah dan Syari’ah.

Kegiatan OPAK ini berlangsung selama 3 hari, yaitu mulai tanggal  26 -29 agustus 2013. Kegiatan OPAK ini mulai di buka pada hari senin jam 07.00 WIB lewat upacara yang dipimpin oleh Resimen Mahasiswa dan di hadiri langsung oleh ketua STAIN Salatiga Dr. Imam sutomo M. Ag.

Samsul Arifin sebagai ketua panitia yang juga menjabat sebagai ketua Dewan Mahasiswa mengungkapkan bahwa Acara OPAK ini akan di bagi menjadi 2 tahapan. Tahapan pertama yaitu OPAK kampus dan  yang kedua yaitu OPAK jurusan. OPAK kampus dilaksanakan pada hari senin sampai selasa siang di gedung KORPRI Salatiga dan OPAK jurusan dilaksanakan di AULA STAIN salatiga kampus satu untuk Jurusan Tarbiyah dan kampus dua untuk Jurusan Syari’ah.

Adapun isi dari acara OPAK tersebut sangat beragam. Untuk hari pertama yaitu senin 26 agustus 2013 acara OPAK di bagi menjadi 3 session. Session pertama yaitu pengenalan profil STAIN Salatiga yang di sampaikan oleh Dr. Rahmat Haryadi. Dilanjutkan dengan pengenalan tentang Administrasi Keuangan oleh Drs. Miftahuddin M. Ag dan Keperpustakaan oleh bapak Sudiyanto SH. Di season kedua ada materi kemahasiswaan oleh bapak Agus Waluyo M. Ag juga materi Tata Tertib STAIN Salatiga dan Bimbingan Konseling. Di season terahir ada materi Wawasan Kebangsaan dari Wakil Walikota Salatiga dan materi Gerakan Mahasiswa oleh Bapak Fauzi Arkan. Acara OPAK di hari pertama ini di tutup dengan penugasan dari panitia kepada peserta untuk hari berikutnya.(niswan).