STAIN Salatiga Masuk Peringkat Webometrics

Untuk pertama kalinya, STAIN Salatiga masuk dalam 10 besar PTAIN terkemuka di tanah air versi Webometric. Dengan demikian STAIN Salatiga menempati peringkat pertama urutan STAIN dan urutan 112 perguruan tinggi  di seluruh Indonesia. Webometric adalah lembaga pemeringkat  perguruan tinggi dunia yang berpusat di Spanyol. Webometric adalah salah satu perangkat untuk mengukur dan memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) dengan menggunakan ukuran website perguruan tinggi. Secara periodik peringkat Webometric akan diterbitkan setiap 6 bulan sekali pada bulan Januari dan Juli. Webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20 ribu Perguruan Tinggi di seluruh dunia.

Kriteria penilaian yang digunakan oleh Webometrics adalah  presence (20%)impact (50%),openness (15%), dan excellence (15%) sebagai kriteria penilaian. Presence (20%) adalah Jumlah halaman web host dalam webdomain utama (termasuk semua subdomain dan direktori) dari universitas yang diindeks oleh mesin pencari Google. Penilaian ini menghitung setiap halaman web, termasuk semua format yang diakui secara individual oleh Google, termasuk halaman statis dan dinamis dan selain rich files.

Impact (50%) adalah kualitas konten dievaluasi melalui “virtual referendum” dengan menghitung semua external inlinks yang diterima oleh webdomain Universitas dari pihak ketiga. Link tersebut mengakui prestise institusional, kinerja akademik, nilai informasi, dan kegunaan dari layanan seperti yang diperkenalkan dalam halaman web sesuai dengan kriteria jutaan web editor dari seluruh dunia. Data visibilitas link dikumpulkan dari dua provider informasi yaitu Majestic SEO dan ahrefs. Openness (15%) merupakan jumlah file dokumen Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Excellence (15%) merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2011) dan di Google Scholar (tahun 2007-2011).

Dengan peringkat ini makin memantapkan langkah STAIN Salatiga untuk menapaki visi misinya sebagai kampus kelas dunia yang makin diperhitungkan. Ketua STAIN Salatiga Dr. Imam SUtomo mengaku bangga dan berterimakasih kepada civitas akademika atas upaya semua pihak dalam mengembangkan Kampus ini. (sg)