Mahasiswa STAIN Bermain Gamelan dalam HUT RI di Thailand

Mahasiswa STAIN Salatiga di Bangkok

MAHASISWA Program Khusus Kelas Internasional dari STAIN Salatiga yang tengah melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Bangkok, Thailand, pada Kamis (21/8) tampil dalam acara resepsi diplomatik HUT RI ke-69. Pada acara yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok ini, empat orang mahasiswa praktikan dari STAIN Salatiga diberikan kesempatan untuk ikut bermain gamelan yang dimainkan oleh grup Ayodya Swara.

Empat mahasiswa yang ikut tampil pada resepsi diplomatik yang diadakan di Hotel Grand Hyatt Erawan Bangkok ini yaitu Aris, Ratih, Ayyu, dan Hakim. Sementara, grup Ayodya Swara merupakan grup gamelan kreasi yang sebagai personilnya yaitu guru-guru Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), staff kedutaan RI, dan masyarakat Indonesia yang berada di Bangkok.

Dalam acara resepsi yang dihadiri oleh sekitar 900 tamu undangan ini, grup Ayodya Swara dengan ditambah mahasiswa STAIN Salatiga membawakan beberapa lagu daerah. Mahasiswa tersebut merupakan satu-satunya perwakilan dari Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) yang berkesempatan tampil dalam acara tersebut.

Selain pada acara resepsi diplomatik tersebut, mahasiswa praktikan di Bangkok ini juga pernah berpartisipasi dalam acara syukuran kemerdekaan RI yang juga diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Dalam acara yang diadakan pada Minggu (17/8) pukul 13.00 waktu setempat ini, keempat mahasiswa STAIN Salatiga ini tampil memainkan tari daerah dari tanah air.

Pada tahun ini, STAIN Salatiga mengirim 20 mahasiswa dari Program Khusus Kelas Internasional untuk mengadakan PPL di luar negeri. Sejumlah 20 mahasiswa tersebut tersebar ke beberapa negara di ASEAN, yang diantaranya berada di Bangkok, Thailand. Di Bangkok, mahasiswa tersebut melakukan PPL dengan mengajar di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) selama sekitar satu bulan.

Tulisan rujukan dari Arif, mahasiswa praktikan. (AFS)