Mahasiswa PBA Ikuti Lomba Bahasa Arab di Malang

Lomba Bahasa Arab

Dalam rangkaian bulan Bahasa Arab yang diinisiasi oleh Kerajaan Saudi Arabia (KSA), STAIN Salatiga berpartisipasi dalam ajang berbagai lomba yang diadakan dalam rangkaian tersebut, yaitu, Lomba Membaca Puisi Arab, Lomba Debat, Lomba Pembacaan Essay, Kaligrafi (naskah dan Dekorasi), Drama (masrahiyyah), dan pembuatan video pembelajaran Bahasa Arab. Mereka yang ikut lomba itu adalah Annur Indah Saridan Azalia Mutammimatul Khusna (Debat), Uswatun Hasanah (Essay), Fauziyah Suci Nurani (Puisi), dan Fuilal Wirdiyah (Kaligrafi Dekorasi). Tiga yang pertama mahaiswa angkatan 2011 dan dua yang terakhir angkatan 2012.

Meskipun juara dari berbagai cabang disabet oleh tuan rumah, baik UM maupun UIN Maliki, STAIN Salatiga sebagai peserta tandang bisa melihat langsung ajang ini untuk mengetahui posisi dan peta kompetisinya. Sejauh ini STAIN Salatiga masih berjaya di ajang seperti PIONIR dan perlombaan tingkat regional, seperti di IAIN Surakarta beberapa bulan yang lalu.

Rangkaian acara ini sudah dimulai dengan berbagai kegiatan seperti Seminar Internasional di UNJ Jakarta, Workshop Penulisan Karya Ilmiyah Bahasa Arab di UPI Bandung, dan Fesitval Bahasa Arab dengan lomba Bahasa ini adalah rangkaian penutup. Diharapkan ajang ini bisa berlangsung tahunan dengan agenda yang lebih menarik dan kompetitif tentunya. (sg)