Ratusan Mahasiswa STAIN Harus Antri Ikuti Seminar Nasional KPI

Seminar KPI STAIN Salatiga

Puluhan mahasiswa duduk di lantai tiga aula kampus 2 STAIN Salatiga demi mengikuti seminar nasional STAIN Salatiga yang digelar pada Rabu (05/11) pukul 10.00 WIB. Pasalnya,seminar yang bertajuk “Berkontribusi Untuk Negeri Melalui Televisi” tersebut menghadirkan narasumber orang nomor satu di TVRI Jawa Tengah, Kemas A. Thalib dan seorang national public speaker, Nessa Ghozal.

Antusiasme yang ditunjukkan mahasiswa STAIN Salatiga terlihat  jelas tatkala mendengar penyelenggaraan seminar yang sepenuhnya diserahkan kepada mahasiswa Komisi Penyiaran Islam (KPI) tersebut bakal dilaksanakan. Secara kuantitas, terbukti dengan melonjaknya jumlah peserta yang awalnya hanya disediakan 150 kuota dihadiri sedikitnya 400 peserta. Hal ini membuat Kaprodi KPI, Mariatin tidak tega dan terpaksa memperbolehkan peserta masuk.

“Karena peminatnya banyak, maka lesehan di depan pun tidak apa-apa. Asalkan formal,”Terangnya yang dikutip oleh Alvina Fitria, sebagai double kameramen acara tersebut.

Namun, beberapa mahasiswa yang sudah mendaftar tapi datang terlambat pun tidak dapat mengikuti seminar ini. Vina, salah seorang panitia menuturkan bahwa jika sudah pukul 10.00 WIB dan memenuhi kuota, maka pintu langsung ditutup. Ketentuan ini mengacu pada kebijakan dan demi kelancaran acara, tambahnya. Hal ini pun membuat salah seorang peserta yang hendak mengikuti seminar terpaksa mengalah.

“Ya seharusnya kan yang sudah daftar tetep boleh masuk. Mengingat ada peserta yang belum daftar tapi diperbolehkan masuk,”Ungkap Laily, Mahasiswa PBA semester 3, salah satu peserta yang berhasil dimintai keterangan.

Menanggapi hal tersebut, ketua panitia, Andika Lutfianto mengungkapkan bahwa langkah pertama dari panitia adalah mengambil strategi dengan pendaftaran online agar mengetahui apakah target terpenuhi atau tidak.

“Ternyata lebih dari lebih dari target. Ada hampir 300 mahasiswa dan dosen yang mengikuti. Lalu yang dianggap sah mendaftar adalah saat peserta datang daftar ulang,”Jelasnya.

Kendati demikian, seminar yang dimeriahkan oleh STAIN Music Club (SMC) dan dihadiri oleh Rahmat Hariyadi, Ketua STAIN Salatiga tersebut berlangsung kondusif. Dialog-dialog interaktif yang ditujukan kepada Direktur Utama TVRI Jateng maupun Nessa Ghozal, berlangsung antusias. Tidak tanggung-tanggug, Rifqi Aulia Erlangga sebagai MC terpaksa membuka termin pertanyaan hingga tiga kali.