STAIN Salatiga Berpartisipasi dalam Pelatihan Bela Negara

Pelatihan Bela Negara 2

Jajaran Kodam IV/Diponegoro kembali menggelar pelatihan bela negara yang diikuti oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari beberapa kampus di Jawa Tengah pada Senin-Kamis (20-23/10). Dalam kegiatan tersebut, STAIN Salatiga mengirimkan sekitar lima puluh mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Para mahasiswa yang didelegasikan dari STAIN Salatiga tersebut merupakan perwakilan dari tiga unit organisasi kemahasiswaan, yaitu Dewan Mahasiswa (DEMA), Resimen Mahasiswa (Menwa), dan Racana STAIN Salatiga.

Pelatihan Bela Negara

Ada berbagai agenda yang dilaksanakan dalam pelatihan yang diadakan di kompleks Kodam IV/Diponegoro, seperti materi pengetahuan yang meliputi proxy war, materi kampus, pengetahuan TNI AD dan Binter, bela negara dan wawasan kebangsaan serta kepemimpinan. Selain itu juga materi keterampilan meliputi PBB, menembak, out bound, alarm stelling, caraka malam, jalan peta, karya bhakti, renungan malam dan pendadakan.

Abdul Chamim, Wakil Presiden DEMA STAIN Salatiga, menuturkan bahwa dari acara ini, para mahasiswa dibekali berbagai skill untuk bisa berpartisipasi dalam sistem pertahanan nasional. “Selain itu juga untuk menambah rasa nasionalisme di kalangan peserta atau mahasiswa yang ikut tersebut.” tambahnya. (afs)