Evaluasi Program Implementasi Pendidikan Humanistik pada Siswa Kelas Rendah di MI Maarif Mangunsari Salatiga Tahun 2014 Menggunakan Model CIPP

 Oleh: Dr. Winarno, S. Si, M. Pd.

Pendidikan bukan saja sekedar mentransfer ilmu pengetahuan (transfer of knowledge) dari seorang guru kepada peserta didik, tetapi lebih dari itu, yakn mentransfer nilai (transfer of value). Selain itu, pendidikan juga merupakan kerja budaya yang menuntut peserta didik untuk selalu mengembangkan potensi dan daya kreatifitas yang dimilikinya agar tetap bertahan dalam kehidupanya. Pendidikan Humanistik merupakan sebuah model pendidikan yang menggunakan pendekatan humanis. Dalam pendidikan humanistik, siswa dipandang sebagai individu yang utuh dan unik. Siswa mempunyai berbagai macam potensi dan kecerdasan. Pendidikan humanistik berusaha untuk memanusiakan manusia yakni menghargai dan mengembangkan potensi tersebut.

penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan deskriptif kualitatif, untuk mengetahui program implementasi pendidikan humanistik pada siswa kelas rendah di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Mangunsari Sidomukti Salatiga Tahun 2014,. Dalam melakukan pemilihan key informan untuk mendukung hasil penelitian, yakni: Kepala Sekolah, Guru, dan karyawan, pengumpulan data dengan: Observasi atau pengamatan , Wawancara , Dokumentasi. Analisis data kualitatif

Hasil penelitian menunjukkan: Unsur konteks dalam program implementasi pendidikan humanistik pada siswa kelas rendah di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Mangunsari Sidomukti Salatiga Tahun 2014 adalah bahwa pendidikan humanistik adalah ebuah model pendidikan yang memanusiakan manusia. Seorang anak itu mempunyai berbagai potensi, kecerdasan dan karakter yang berbeda-beda. Nah, pendidikan harus bisa menghargai dan membantu siswa untuk mengembangkan berbagai potensi yang mereka miliki, input yang diambil adalah menerapkan untuk kelas rendah dan tidak semua kelas dalam strategi untuk mencapai kebutuhan, proses yang dilakukan dengan penerapan pada kelas rendah dan mengambil guru yang telah mendapatkan pelatihan pembelajaran menggunakan pendekatan humanistik, dan produk yang diperoleh diantaranya: siswa lebih senang belajar di kelas, siswa lebih percaya diri dalam mengahdapi permasalahan adalah pendidikan yang memanusiakan manusia yaitu pendidikan yang menghargai, menggali, melayani, membantu siswa untuk mengembangkan berbagai macam potensi yang dimiliki oleh siswa

Evaluasi program implementasi pendidikan humanistik pada siswa kelas rendah di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Mangunsari Sidomukti Salatiga Tahun 2014 Model Context Input Process Product (CIPP) berdasar pada visi dan misi madrasah dengan Ciri-ciri guru yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan humanistik antara lain: 1). Merespon perasaan siswa, 2). Menggunakan ide-ide siswa untuk melaksanakan interaksi yang sudah dirancang, 3). Berdialog dan berdiskusi dengan siswa, 4). Menghargai siswa, 5). Kesesuaian antara perilaku dan perbuatan, 6). Menyesuaikan isi kerangka berpikir siswa (penjelasan untuk mementapkan kebutuhan segera dari siswa), 7). Tersenyum pada siswa