Bersyukur menjadi Muslim Indonesia

SALATIGA-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga selenggarakan Kuliah Tamu bersama Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A di auditorium gedung K.H. Hasyim Asy’ari Kampus III, Jum’at (06/07).

Kuliah Tamu tersebut mengangkat tema “Bersyukur menjadi Muslim Indonesia” yang dihadiri seluruh pejabat dan sivitas akademika IAIN Salatiga.

Pada paparan kuliah tamu, Prof. Dr. Azra mengatakan sebagai warga Indonesia kita harus mengapresiasi tradisi intelektualisme di Indonesia yang dikembangkan oleh para ulama. Selain itu menjadi Muslim Indonesia tidak boleh rendah diri dan mudah terpesona dengan ideologi impor dan menelannya mentah-mentah karena kekayaan Islam di Indonesia luar biasa, bagaimana keindonesiaan dan keislaman bisa terintegrasi dengan baik.

“Corak Islam Indonesia/Islam Nusantara yang Wasatiyah/moderat, tidak ekstrim kanan maupun kiri, yang toleran dan Guyub, lebih suka mencari solusi bersama daripada menang-menangan sendiri menjadi kekuatan Indonesia yang luar biasa yang memiliki masa depan cerah, untuk itu mari kita bersyukur menjadi Muslim Indonesia dengan cara menjaga Indonesia,” ujar Prof. Azra.

Sementara itu, Rektor IAIN Salatiga Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd. merasa bersyukur karena Pro. Dr. Azyumardi Azra, M.A. dapat hadir ditengah-tengah kita untuk memberikan kuliah tamu di IAIN Salatiga. Selain itu, apa yang disampaikan Prof. Azra merupakan wujud syukur kita sebagai warga muslim di Indonesia.

Beliau juga mengatakan, “sebagai warga muslim Indonesia maka tidak perlu sombong, namun tidak perlu juga rendah diri, mudah percaya dan silau dengan kehadiran Islam yang baru datang dari belahan dunia (Transnasional),” terang beliau. (zid/hms)