IAIN Salatiga Akan Bangun Auditorium Berkapasitas 3.000 Orang

SEMARANG – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga akan memiliki Gedung Auditorium berkapasitas 3.000 orang. Pembangunan gedung akan dimulai 2019 di Kampus III Jalan Lingkar Satatiga Km 2.

Hal ini diutarakan Rektor IAIN Salatiga, Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd. saat kegiatan Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi IAIN Salatiga Tahun 2018 di Hotel Grand Arkenso, Semarang, Rabu-Jumat (24-26/10/2018) pekan lalu.

“Pembangunan Auditorium ini masuk program prioritas dari segi fisik di tahun 2019,” ujar beliau.

Rektor mengungkapkan gedung akan dibangun di sebelah selatan gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Untuk mendukung fasilitas ini pihak kampus akan membangun jembatan penghubung menuju lokasi. “Bawah jembatan akan dikeduk untuk embung,” jelasnya.

Dengan adanya fasilitas baru ini diharapkan bisa memaksimalkan berbagai kegiatan di IAIN Salatiga, termasuk pelaksanaan wisuda. Pasalnya selama ini acara wisuda masih digelar di halaman gedung rektorat Kampus III.

Di sisi lain, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Perencanaan Kastolali, Ph.D. menambahkan pembangunan gedung Auditorium akan menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Sementara untuk jembatan menggunakan dana DIPA 2019.

“Untuk sarana dan prasarana tahun 2019 kita estimasikan mendapat porsi 15 persen dari total PNBP (Pendapatan Nasional Bukan Pajak, red). Porsi ini sudah termasuk untuk pembangunan jembatan,” papar dia.

Sementara itu Kepala Biro Administrasi, Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Salatiga, Khaeroni, M.Si. mengungkapkan selain pembangunan gedung Auditorium, di tahun 2019 juga akan dilakukan penambahan fasilitas laboratorium. “Di antaranya lab komputer, fotografi, bahasa, microteaching, PIAUD dan Biologi,” tambahnya.
IAIN Salatiga-#AKSI (cka/zid_hms)