IAIN Salatiga Gelar Upacara HAB Kemenag Ke-73

SALATIGA – Sivitas IAIN Salatiga ikuti Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke 73 Tahun 2019 di Halaman Gedung K.H. Hasyim Asy’ari, Kampus 3, Kamis (03/01/2019).

Sambutan Menteri Agama RI yang disampaikan oleh Rektor IAIN Salatiga, Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd. mengatakan pembentukan Kementerian Agama sebagai perangkat kehidupan bernegara.

“Tujuh puluh tiga tahun silam, Pemerintah membentuk Kementerian Agama sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara dan berpemerintahan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pembentukan Kementerian Agama merupakan keputusan yang bersejarah dan memberi pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa dan negara Republik Indonesia hingga kini.” tukasnya.

Selain itu ia mengatakan dalam rangka memperingati HAB Kemenag RI Ke-73 terdapat tiga poin penting diantaranya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan pancasila.

“Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti 3 pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.” tambahnya.

Beliau juga mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama khususnya di lingkungan IAIN Salatiga, di tahun politik sekarang ini, senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan.

Ajakan yang sama kepada semua elemen bangsa, mari jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari.

“Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antarsesama anak negeri,” tambah beliau. IAINSalatiga-#AKSI (zid/hms)