IAIN Salatiga Tuan Rumah Forum Perencanaan PTKIN Se-Indonesia

SALATIGA-IAIN Salatiga menjadi tuan rumah rapat koordinasi forum perencanaan PTKIN Se-Indonesia pada Selasa-Rabu, 13-14 Agustus 2019. Sebanyak 74 peserta dari PTKIN Se-Indonesia dan staf IAIN Salatiga hadir untuk mengikuti acara tahunan ini yang diselenggarakan di Hotel Wahid dan Kampus 3.

Ketua Forum Perencanaan, Suhaimi, M. Pd mengatakan pertemuan yang laksanakan di IAIN Salatiga adalah dalam rangka menindaklanjuti hasil output pada buku pedoman dan penyusunan penganggaran PTKIN di Indonesia. Buku pedoman sudah terbit sejak 2015. Di tahun 2019 ini, kita akan melakukan beberapa revisi buku pedoman untuk 2020.

“Adapun pertemuan kali ini adalah bagian dari proses finalisasi buku pedoman. Ada beberapa pergeseran output serta support selama melakukan program masing-masing PTKIN,” katanya.

Dia juga berharap hasil di sini menjadi diskusi terakhir sebelum buku ini dipesan sebagai buku untuk diperbanyak sebagai pedoman perencanaan PTKIN seluruh Indonesia. “Seyogyanya di IAIN Salatiga ini akan membahas masukan-masukan demi menciptakan buku pedoman ini,” imbuh Suhaimi.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag., mengatakan forum-forum semacam ini menjadi ajang untuk saling belajar supaya kelebihan yang dimiliki masing-masing PTKIN dapat disatukan.

“Forum perencanaan ini sangat penting karena sama halnya dengan gagal merencanakan sama halnya dengan merencanakan kegagalan tapi kalau berhasil merencanakan sama halnya dengan merencanakan keberhasilan,” kata Prof. Zakiyuddin.

Beliau juga menambahkan, bahwa sebuah PTKIN terutama yang masih STAIN atau IAIN yang usianya masih muda, dalam keterbatasan dana jangan menjadi halangan untuk memiliki cita-cita besar. “Tidak boleh ciut dan pupus harapan, perencanaan saya selalu melihat teks proklamasi,” imbuh beliau dalam pembukaan Rapat Koordinasi Tim Task Force dan Tim Teknis Forum Perencanaan PTKIN se Indonesia di Hotel Wahid, Selasa (13/08/2019).

Yusuf Ismail S. H selaku Kepala Sub Bagian Perencanaan IAIN Salatiga mengatakan dipilihnya sebagai tuan rumah dikarenakan tempatnya strategis dan dirasa mampu mengadakan acara ini.

“Besok kita akan ajak keliling kampus melihat perpustakaan, jurnal. Adapun rencananya yaitu menyelesaikan  dan membahas tentang buku pedoman penyusunan anggaran dan membahas aplikasi Rencana Kerja dan Anggaran Kementrian Lembaga (RKAKL),” ujarnya.

Selanjutnya, Dr. Agus Waluyo, M.Ag memberikan apresiasi kepada forum perencanaan sebagai sumber energi bagi kampus layaknya “paranormal” yang memikirkan PTKIN di masa yang akan datang. Berkaitan dengan hasil rakor berupa draft Buku Pedoman Perencanaan tersebut, diusahakan agar dapat digunakan oleh seluruh PTKIN.

“Peraturan Pemerintah No.46 tahun 201 perlu dijadikan dasar dalam perencanaan PTKIN agar tidak tertinggal dengan perkembangan PTU,” tandasnya.