IAIN Salatiga Borong Lima Juara di MTQ Mahasiswa XXVI Jateng 2019

BOYOLALI – Institut Agama Islam Negeri Salatiga borong lima juara di Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa XXVI Jawa Tengah yang diselenggarakan di Gedung Muzdalifah, komplek asrama haji Donohudan, Boyolali, Rabu (25/09/2019).

Lima juara yang diraih perwakilan mahasiswa yakni Juara 1 cabang Tafsir Bahasa Inggris oleh Ahmad Darojat (Ilmu Hadits), Juara 3 pada cabang Tartil Putri oleh Asmaul Fauziyah (Ilmu Al Qur’an dan Tafsir), Juara Harapan 1 cabang Tilawah Putra oleh Mustafiqul Hilmi (Pendidikan Agama Islam), Juara Harapan 3 Makalah Ilmiah Al-Quran Putra Firdan Fadlan (Sejarah Peradaban Islam), dan Juara Harapan 3 Makalah Ilmiah Al-Qur’an Putri diraih Fatimatuz Zahrok (Ilmu Al Qur’an dan Tafsir).

Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora, Dr. Benny Ridwan, M.Hum., menyampaikan rasa bangga dan mengucapkan selamat pada delegasi (qabilah) dari IAIN Salatiga pada ajang MTQ  Mahasiswa XXVI Jawa Tengah tahun 2019. Dia berpesan, bagi yang menang dan pulang membawa medali jangan cepat puas, karena kepuasan terletak pada usaha bukan pada hasil.

Lebih lanjut, menyampaikan bahwa usaha yang keras adalah kemenangan yang hakiki. Sementara yang belum berhasil jangan lantas jatuh putus asa. Sebab seberapa dalam kamu jatuh itu tidak jadi masalah, tapi yang penting berapa kali kamu bangkit lagi untuk meraih kemenangan.

“Dan satu hal lagi, perjalanan ribuan kilometer pasti dimulai dengan satu langkah, ajang MTQ Mahasiswa tahun 2019 merupakan langkah perdanamu. Sekali lagi Selamat buat Ahmad Darojat dan kawan-kawan yang telah mengharumkan nama almamater,” pesan Dr. Benny.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Umum LPTQ Provinsi Jawa Tengah, Farhani, mengatakan bahwa mahasiswa memiliki adat istiadat, suku dan ras yang berbeda. Untuk itu melalui MTQ Mahasiswa ini diharapkan dapat membangun silaturahim dan ukhuwah, dan mampu berkontribusi dalam kerukunan umat beragama.

“MTQ Mahasiswa ini sendiri merupakan sarana mencari bibit unggul generasi Qur’ani yang ada di wilayah Jawa Tengah, tentunya dari kalangan mahasiswa. Kegiatan dua tahunan ini diharapkan dapat menjaring banyak bibit unggul yang nantinya bisa menguatkan ukhuwah Islamiyah sekaligus mewakili Jawa Tengah di tingkat nasional,” harap Farhani.

Kegiatan MTQ Mahasiswa XXVI 2019 ini berlangsung mulai 23-25 September 2019 dan terbagi menjadi 5 cabang yang dilombakan, yakni Cabang Tartil Al Qur’an Putra dan Putri; Cabang Tilawah Al Qur’an Putra dan Putri; Cabang Tahfidz 5 Juz & Tilawah Putra dan Putri; Cabang Tafsir Bahasa Inggris Putra  dan Putri; dan Cabang Musabaqah Makalah Ilmiah Al Qur’an Putra dan Putri. Data dari panitia menyebutkan bahwa, kegiatan MTQ Mahasiswa 2019 diikuti oleh 350 mahasiswa. IAINSalatiga-#KERENBRO_AJIB (hms/zie)