Kopma Fatawa Bawa Dua Juara di JAMKOPNAS 2019

Malang — Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi Mahasiswa (Kopma) Fatawa IAIN Salatiga bawa pulang Juara 1 Coop-Ambasador Putra & Juara 3 Coop-Plan dalam acara Jambore Koperasi Nasional (JAMKOPNAS) 2019 yang di selenggarakan oleh Kopma Universitas Negeri Malang dan bekerja sama dengan Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI), 16 -19 September 2019.

Jambore Kopma Nasional 2019 mengusung tema “Satu Padu Insan Hatta Muda Melalui Pendidikan Koperasi yang Berbudaya”. Kali ini diikuti ole kurang lebih 69 tim dari 63 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) & Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Seluruh Indonesia.

Kopma Fatawa mendelegasikan satu tim yang beranggotakan Suryadi (Hukum Tata Negara/2018), Sakinah Fitri W (Hukum Tata Negara0/2017) dan Fina Ainul F (Perbankan Syariah/2016).

Suryadi mengatakan, dalam kompetisi ini Tim Kopma Fatawa berhasil masuk 5 besar grandfinal dan harus bersaing dengan 4 Putra lainnya yakni Kopma IAIN Bone, Kopma universitas Ma Chung, Kopma UMM dan Kopma UNY.

Untuk mendapatkan  Juara 1 Coop-Ambasador Putra dengan cara memecahkan mosi yang diberikan sekaligus menampilkan ketrampilan diri, dan  untuk Juara Coop Ambasador Putri dimenangkan oleh  Putri Khaitunnisa dari Kopma UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, serta mereka sekaligus terpilih sebagai Putra & Putri Kopma Nasional 2019.

Sementara itu, Ketua UKM Kopma Fatawa,  Aprilia Nur Ardhianticha, Jamkopnas kali ini Tim Kopma Fatawa IAIN Salatiga juga berhasil meraih juara 3 Coop -Plan menyisihkan peserta lainnya.

“Kompetisi kali ini bertujuan untuk melatih kreativitas dan inovasi peserta dalam membuat dan mengembangkan rancangan ide bisnis untuk pengembangan usaha koperasi khususnya di perguruan tinggi, dengan mengusung tema Fatawa D’ECO tim Kopma fatawa masuk Semi Final dan harus bersaing dengan 9 tim lainnya dan masing- masing tim diberikan waktu 5 menit untuk presentasi dan akhirnya diperoleh hasil,” katanya. IAINSalatiga-#AKSI (hms/zi/um-fatawa)