IAIN Salatiga-Polres Salatiga Komitmen Ciptakan Keadaan Kondusif

SALATIGA-Institut Agama Islam Negeri Salatiga dan Polisi Resort Salatiga menjalin komitmen untuk menciptakan keadaan kondusif di wilayah Kota Salatiga. Komitmen tersebut dibuat sebagai wujud kepedulian dua institusi dalam menciptakan kota yang toleran.

Seperti diketahui, bahwa beberapa pekan lalu di berbagai daerah termasuk di Kota Salatiga para mahasiswa melakukan demontrasi menyoroti adanya pasal-pasal yang telah digodog di DPR.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Sidqon Maesur, Lc. M.A. usai menerima kunjungan Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan bahwa dalam menyikapi perkembangan tersebut, IAIN Salatiga bersama Polres Salatiga  mengajak para mahasiswa dan masyarakat untuk memelihara keadaan kondusif Kota Salatiga dengan suasana yang rukun serta taat pada norma beragama dan negara. Terlebih lagi, IAIN berada di kota toleransi serta menjadi destinasi belajar mahasiswa dari seluruh Indonesia dan luar negeri.

“Kita menghindarkan diri dari ajakan/provokasi yang bisa menimbulkan keretakan ikatan bermasyarakat. Sebaliknya mengedepankan hidup damai, saling menghormati dan bergotong royong untuk kesatuan masyarakat di kota Salatiga dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar doktor bidang Minat Kajian Timur Tengah dari program Studi Agama dan Lintas Budaya tersebut, Senin (07/10/2019).

Sementara itu, Kapolres Salatiga, AKBP Gatot Hendro Hartono dalam silaturahmi dengan jajaran pimpinan IAIN Salatiga menyampaikan terima kasih atas penyampaian aspirasi para mahasiswa serta masyarakat yang dapat berjalan tertib dan tetap menjaga situasi keamanan. Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Salatiga berharap para mahasiswa dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Mahasiswa bisa lebih mengutamakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat seperti bakti sosial. Misalnya saat ada musim kemarau mahasiswa bisa membantu di daerah yang kesulitan air dan apabila ada permasalahan lebih baik didiskusikan dengan baik,” terang AKBP Gatot.

Penulis : Ilman
Editor : Nahla
Sumber : IAIN Salatiga