Rayakan Hari Santri, IAIN Salatiga Gelar Upacara Bersama

SALATIGA – Dosen serta karyawan dan santriwan/santriwati Ma’had Aljami’ah IAIN Salatiga mengadakan upacara bendera untuk memperingati Hari Santri Nasional di lapangan Kampus II pada Selasa (22/10/2019). Dalam kesempatan tersebut para peserta putra mengenakan sarung dan peci khas santri sedangkan peserta putri mengenakan baju muslim putih.

“Sejatinya, pesantren adalah laboratorium perdamaian. Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam
ramah dan moderat dalam beragama,” kata Drs. Khaeroni,gama M.Si saat menyampaikan sambutan atas nama Menteri Agama Republik Indonesia untuk Peringatan Hari Santri Tahun 2019.

Selanjutnya, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan menyampaikan harapan Menteri Agama agar para santri turut berperan aktif dalam mengemban misi dan menyampaikan pesan-pesan perdamaian di dunia internasional. Terakhir, disampaikan pula bahwa bertepatan dengan peringatan Hari Santri tahun ini, hadir pula Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

“Dengan Undang-Undang tentang Pesantren ini memastikan
bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi
pendidikan, tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat,” katanya mengakhiri sambutan.

 

 

 

Penulis : Nahla
Editor : Ilman
Sumber : Kementerian Agama RI