Fuadi Ajak Mahasiswa Cintai Menulis

SALATIGA-Menulis adalah upaya menyebarkan gagasan dengan lebih baik karena tulisan dapat berpindah media dan menjangkau lebih banyak orang. Hal tersebut dikatakan oleh Ahmad Fuadi, mantan wartawan dan penulis novel Negeri Lima Menara dalam talkshow bertema Literasi sebagai Spirit Intelektual, Wahana Menjelajah Dunia di Auditorium Kampus I IAIN Salatiga pada Sabtu (16/11/2019).

“Setiap orang paling tidak harus menulis satu buku seumur hidupnya. Mengapa? Karena tulisan dapat menembus batas geografis, budaya, agama, dan waktu,” jelasnya.

Lebih lanjut, penulis yang juga menjadi Penulis/Buku Fiksi Terbaik tersebut mengatakan bahwa tulisan dan senapan sama-sama bisa memuntahkan peluru, bedanya tulisan memuntahkan ide-ide penulis yang dapat “menghidupkan” sedangkan senapan memuntahkan peluru yang “mematikan”.

Dalam kesempatan itu, Fuadi mengajak para peserta untuk berani bermimpi, “milikilah mimpi yang tinggi, jangan remehin cita-cita. Jangan lupa untuk melebihkan usaha dan doa. Yakinlah Allah selalu mendengar doa hamba-Nya.”

Selain itu, A. Fuadi juga memberikan tips menulis untuk para peserta. Menurutnya, menulis adalah perjalanan ke dalam diri. Maka dari itu, sebelum menulis, penulis harus memperhatikan empat hal, yaitu: niat, topik, riset, dan waktu. “Gali niat menulis, cari topik yang dekat dengan diri kita, lakukan banyak riset, dan segeralah mulai untuk menulis,” urainya.

Terakhir, A. Fuadi berpesan agar peserta menulis dengan kedalaman hati dan pikiran karena tulisan yang lahir dari perpaduan hati dan pikiran akan menyentuh pembaca.

Talkshow bersama pendiri Yayasan Menara itu adalah rangkaian Festival Literasi Santri bertema “Mengairi Bumi Literasi” yang diadakan oleh Komunitas Literasi KATABA Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Selain talkshow, diadakan pula bedah buku “Peradaban Sarung” oleh Gus Dzhofir dan bazar buku yang diselenggarakan Sabtu-Minggu (16-17/11/2019).

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Salatiga, Dr. Sidqon Maesur, Lc., M.A. berharap acara yang dihadiri sekitar 300 peserta tersebut bisa menambah semangat literasi khususnya dikalangan mahasiswa dan pelajar.

Penulis : Lala
Editor : Ilman
Sumber : Ma’had Al Jamiah IAIN Salatiga