Tingkatkan Kesadaran Dini Deteksi Autis, BKPI IAIN Salatiga Gelar Workshop Tata Laksana Autis

SALATIGA-Program studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Institut Agama Islam Negeri Salatiga bekerja sama dengan Sekolah Khusus Talenta Kids mengadakan Workshop Tata Laksana Autis. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (2/1/2020) tersebut bertujuan untuk memberikan bekal kepada peserta untuk dapat mendeteksi autis secara dini dan tata laksana penanganannya.

Workshop yang diadakan di gedung KH Ahmad Dahlan Kampus III IAIN Salatiga tersebut menghadirkan praktisi anak berkebutuhan khusus dari Yogyakarta, Kholifatut Diniyah, M.Pd dan Ketua Program Studi BKPI IAIN Salatiga dan owner Talenta Kids, Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Dalam kesempatan tersebut para peserta yang terdiri dari guru, terapis, dosen, dan mahasiswa diajarkan cara menangani anak ketika tantrum (marah/rewel). Selain itu peserta juga diajarkan simulasi penerapan metode ABA (Applied Behaviour Analysis) dengan bantuan dari siswa autis Talenta Kids.

Dr. Lilik berharap dengan adanya acara ini, para guru dan orang tua dapat mendeteksi sendiri adanya penyimpangan pada perkembangan anak. “Jumlah anak berkebutuhan khusus dari tahun ke tahun semakin bertambah, dengan adanya kegiatan ini saya berharap peserta dapat memberikan penanganan yang tepat terhadap anak berkebutuhan khusus,” pungkas dosen yang terlibat dalam tim seleksi Shadow Teacher di Dinas Pendidikan Kota Salatiga tersebut.