Sambut Perkuliahan Tahun Akademik 2020/2021, IAIN Salatiga Siapkan SIMONAKU

SALATIGA-Memasuki tahun akademik 2020/2021, Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Dr. H. Agus Waluyo, M.Ag mengimbau kepala bagian dan kepala subbagian di IAIN Salatiga bersiap untuk mempersiapkan sarana-prasarana penunjang perkuliahan.

“Persiapan menyambut perkuliahan harus dilaksanakan dengan baik dan sesegara mungkin. Tolong pastikan semua sarana dan prasarana mulai dari kursi, LCD, jaringan internet, dan lain sebagainya sudah bisa digunakan ketika jadwal perkuliahan sudah dimulai,” katanya di hadapan kepala bagian dan kepala subbagian di lingkungan akademik IAIN Salatiga pada Rabu (05/02/2020).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Salatiga, Drs. Khaeroni, M.Si meminta kepala bagian dan kepala subbagian yang ada di IAIN Salatiga untuk segera berkoordiasi untuk memastikan kelengkapan sarana dan prasarana. “Koordinasi harus segera dibangun. Pendataan barang-barang yang kurang/rusak juga harus segera dilaksanakan,” ujarnya.

IAIN Salatiga pada tahun akademik 2020/2021 akan mulai menguji coba penerapan Sistem Monitoring dan Absensi Kuliah (SIMONAKU) yang dikembangkan oleh tim TIPD (Teknologi Informasi dan Pangkalan Data) IAIN Salatiga. SIMONAKU adalah sistem presensi berbasis jaringan yang bisa diakses secara real time oleh dosen dan mahasiswa saat jam kuliah.

Penerapan sistem ini diharapkan dapat menekan jumlah mahasiswa yang membolos jam kuliah dan meningkatkan kedisiplinan tenaga pengajar. Tenaga pengajar/dosen akan masuk ke sistem dalam jaringan ketika memulai aktivitas perkuliahan dan mendapat barcode. Mahasiswa yang hadir harus memindai barcode yang ada pada dosen sebagai ganti daftar presensi.

Menurut Kepala Subbagian Tata Usaha, Hubungan Masyarakat, dan Rumah Tangga IAIN Salatiga, Muh. Amin, S.Ag, M.M., selain menyiapkan SIMONAKU, fokus utama yang harus diperhatikan untuk menyambut perkuliahan adalah perlengkapan kelas yang meliputi meja, kursi, kipas angin, LCD, dan jaringan internet. “Kami akan pastikan semua siap digunakan sebelum proses perkuliahan tahun ini berlangsung,” katanya.