Menyongsong UIN Salatiga, LP2M Press Resmi jadi Anggota APPTI dan IKAPI

SALATIGA-LP2M IAIN Salatiga Press resmi menjadi anggota Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI) per 1 Juli 2020. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat IAIN Salatiga, Dr. Muh Irfan Helmy, Lc., M.A., mengatakan bahwa hal tersebut adalah bentuk komitmen LP2M untuk meningkatkan profesional penerbitan perguruan tinggi terutama di bidang tata kelola dan konten. “Profesionalitas penerbitan perguruan tinggi perlu ditingkatkan, apalagi kita sedang dalam proses alih status menjadi UIN Salatiga,” kata Irfan.

“Dengan resminya LP2M IAIN Salatiga Press menjadi anggota APPTI akan memberikan nilai tambah untuk IAIN Salatiga. Pada dasarnya kualitas penerbitan perguruan tinggi adalah cerminan dan indikator kualitas lembaga yang menaunginya. Penerbitan perguruan tinggi yang baik akan membantu akreditasi lembaga juga. Selain menjadi anggota APPTI, LP2M IAIN Salatiga Press juga resmi menjadi anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) pada 2020 ini,” lanjutnya.

Menurutnya, kredibilitas penerbit dapat dilihat dari keikutsertaannya pada asosiasi atau organisasi resmi yang kompeten, “Ketika lembaga penerbitan masuk jadi anggota suatu asosiasi akan ada proses tukar pengalaman dan upgrading. Nantinya output yang dihasilkan juga akan jadi lebih baik.” Selanjutnya Dr. Irfan menjelaskan bahwa dengan adanya penerbit yang kredibel, profesional, dan akuntabel penulis yang dapat diakomodir akan bertambah, tidak terbatas pada sivitas akademik IAIN Salatiga saja, tetapi juga penulis dari luar IAIN Salatiga.

Dirinya berharap sivitas akademik IAIN Salatiga bisa lebih semangat dalam berkarya dan menerbitkan karyanya di LP2M IAIN Salatiga Press. “Selama ini, lembaga penerbitan di IAIN Salatiga yang berdiri tahun 2015 telah menerbitkan tidak kurang dari 195 judul buku, sejak masih berstatus STAIN Salatiga sampai berstatus IAIN Salatiga. Saya harap di masa yang akan datang akan lebih banyak buku yang diterbitkan melalui LP2M IAIN Salatiga Press, mengingat lembaga penerbitan yang kami kelola ini sudah semakin kredibel dan akuntabel,” tutur Irfan.

Sari Famularsih menambahkan bahwa LP2M IAIN Salatiga Press menerima semua karya yang dihasilkan sivitas akademik dan penulis, “Yang bisa diterbitan oleh LP2M IAIN Salatiga Press ini tidak hanya buku-buku ilmiah, buku bahan ajar, sampai buku fiksi seperti novel dan kumpulan cerpen pun dapat diterbitkan.”