Biobriket IAIN Salatiga Masuk Lima Besar Lomba Krenova

Inovasi biobriket buatan tim dari Institut Agama Islam Negeri Salatiga berhasil menjadi runner up dan menempati posisi keempat dalam lomba Krenova/Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat tingkat Kota Salatiga tahun 2020. Wali Kota Salatiga, Yulianto S.E., M.M. menyerahkan hadiah secara langsung pada Kamis (27/8/2020) di Rumah Dinas Wali Kota.

Dalam sambutannya, Wali Kota Salatiga menyampaikan apresiasi untuk para peserta, “Saya sampaikan selamat kepada pada juara, dan terima kasih kepada tim juri yang telah bekerja keras menilai dan memutuskan hasil pemenang. Semoga inovasi yang terus dimunculkan bisa membawa banyak manfaat bagi masyarakat dan pemerintah.”

Menurut Yulianto, hingga tahun 2020 sudah tercatat lebih dari 300 inovasi yang dibuat masyarakat dan pemerintah. “Masyarakat Salatiga telah banyak menciptakan inovasi di bidang teknologi informasi, kesehatan, dan lain sebagainya. Saya sangat mendukung kegiatan yang mendukung kreatifitas seperti ini,” pungkasnya.

Tim IAIN Salatiga yang berada di bawah bimbingan Dr. Khusna Widhyahrini tersebut terdiri dari mahasiswa Tadris IPA, yaitu: Novi Nuryanti, Elan Nopriadi, Fikri Ahmad Kamal, dan Muhammad Mas’ud, M.Pd.I. Khusna mengatakan bahwa ide pembuatan bioreaktor sederhana yang digunakan untuk membuat bahan dasar briket komposit itu bermula dari pemikiran mengenai kemandirian energi dan kajian penelitian pengembangan teknologi tepat guna. Reaktor tersebut memiliki prinsip sederhana dalam menghasilkan bahan baku briket yang nantinya akan dibuat menjadi briket komposit dengan efisiensi penggunan yang lebih baik.

“Awalnya kami harus memasukkan proposal pada Juni 2020 kemudian dilanjutkan seleksi pada tanggal 9 Juli 2020. Karena sedang pandemi, dan harus jaga jarak, seleksi dilakukan dengan menayangkan produk kami di kanal YouTube,” jelas Khusna. Dirinya merasa bangga atas kerja keras dan capaian yang telah diraih timnya, “Alhamdulillah, dengan capaian ini pada tahun 2021 kami akan mengajukan kreasi inovasi ke tingkat provinsi Jawa Tengah. Selain itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bappeda Kota Salatiga yang telah memfasilitasi lomba Krenova 2020, serta kaprodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga, Dr, Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. yang selalu mendukung penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa.”

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Salatiga, Drs. Susanti menerangkan bahwa pada lomba Krenova tingkat Kota Salatiga 2020 ada enam pemenang dan lima di antaranya berhak mewakili Salatiga di ajang Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Keenam pemenang ini telah dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari Lusiawati Dewi dari unsur bisnis, T. Arie Setiawan dari unsur kreatif, Surya Yuli dari unsur media massa, dan Jadi Amali, serta beberapa perwakilan pemerintah daerah.