IAIN Salatiga Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Pati

PATI-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga mengirimkan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Gabus, Pati pada Jumat (12/2/2021). Bantuan yang dikirim berupa sembako, sayuran, air minum bersih, kebutuhan bayi, dan perlengkapan ibadah. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama antara mahasiswa IAIN Salatiga, Mapala MITAPASA, IKMP (Ikatan Keluarga Mahasiswa Pati), dan mahasiswa KKN IAIN Salatiga.

Kepala Subbagian Akademik Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora IAIN Salatiga, Himmi Naf’an, S.E. berharap bantuan yang disalurkan dapat meringankan beban para korban terdampak banjir, “Semoga warga terdampak banjir dapat tegar melalui ujian ini.”

Menanggapi hal tersebut, Ketua Posko Bantuan Gabus menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih, “Alhamdulillah, kami sampaikan terima kasih atas bantuan rekan-rekan, semoga menjadi amal jariyah. Sejauh ini, kami telah mendirikan sebanyak enam posko bantuan yang siap membantu para korban.”

Para relawan mengujungi daerah terdampak secara langsung dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah persebaran Covid-19. Banjir yang melanda Kecamatan Gabus sejak Sabtu (6/2/2021) dengan ketinggian setengah hingga satu meter, menjadikan Gambus titik terparah banjir tahunan di wilayah Pati Selatan. “Wilayah terdampak paling besar adalah Pati Selatan terutama Kecamatan Gabus. Kami sudah memperkuat koordinasi untuk memantau masing-masing wilayah yang terdampak dan siap terjun membantu saat ada yang membutuhkan,” tambah Ketua Posko Gabus.

Selain curah hujan deras yang turun dalam kurun waktu lama, banjir juga disebabkan oleh meluapnya sungai Silugonggo yang mengalami sedimentasi. Sebagian besar warga masih bertahan di rumah masing-masing. Di tengah musibah tersebut, warga setempat menyewakan kapal untuk berkeliling desa dengan tarif Rp 5.000 sekali jalan. (RK/Mapala MITAPASA)