IAIN Salatiga Sabet Delapan Medali di Ajang IPPBMM 2021

YOGYAKARTA-Institut Agama Islam Negeri Salatiga berhasil menyabet delapan medali dalam ajang Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa 2021. Pada kegiatan yang diikuti oleh PTKIN se-Jawa dan Madura tersebut, Kontingen IAIN Salatiga membawa pulang empat medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu. Capaian tersebut berhasil menjadikan IAIN Salatiga sebagai runner-up ketiga dari 18 PTKIN yang mengikuti IPPBMM.

Medali emas disumbangkan dari cabang seni kategori Cipta Lagu Islami Beregu; Vlog Beregu; Musikalisasi Hadits Beregu; dan Kaligrafi Digital (M. Nur Wafa). Sedangkan dua medali perak disumbangkan dari cabang seni kategori Pop Solo Islami Perorangan (Aditya Pratama) dan cabang olahraga kategori Catur Kilat Perseorangan Putra (Abdul Khakim A). Medali perunggu diperoleh dari cabang seni kategori Story Telling Perorangan (Eni Suriyah) dan Puitisasi Alquran Perorangan Putra(Rokhmatulloh).

Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy menilai perolehan medali kontingen IAIN Salatiga sudah cukup baik. “Alhamdulillah, kampus kita adalah satu-satunya IAIN yang masuk dalam tujuh besar peraih medali terbanyak. Tahun depan, IAIN Salatiga akan berjuang lebih keras agar bisa masuk jajaran tiga besar,” lanjutnya.

Ajang IPPBMM 2021 diadakan selama lima hari, mulai Senin (21/6/2021) hingga Jumat (25/6/2021) di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan itu dilakukan secara luring dan daring mengingat kasus pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum mereda. Panitia dan peserta mengikuti semua kegiatan luring dengan protokol kesehatan ketat yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Ketua Panitia kegiatan dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga, Dr. Abdur Rozaki, M.Si., memberi apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah menyukseskan acara tersebut. “Selamat untuk para juara. Yang belum berkesempatan untuk membawa pulang gelar juara, jangan putus asa dan terus semangat. Kita masih bisa bertemu dan berkompetisi di lain kesempatan. Maju terus PTKIN se-Jawa dan Madura,” ujarnya saat penutupan kegiatan, Kamis malam (24/6/2021).