Konservasi Air Tanah, IAIN Salatiga Buat 207 Lubang Biopori

Institut Agama Islam Negeri Salatiga membuat 207 lubang biopori di sekitar area olahraga, Kampus III pada Rabu (21/7). Menurut Kepala Subbagian Tata Usaha, Hubungan Masyarakat, dan Rumah Tangga IAIN Salatiga, Muh. Amin, S.Ag, M.M., kegiatan itu dilakukan untuk mendukung proses realisasi visi Green Wasathiyah Campus. “Salah satu visi IAIN Salatiga adalah menjadi Green Wasathiyah Campus. Berbagai upaya kami lakukan untuk mewujudkan visi tersebut, salah satunya adalah dengan membuat lubang biopori untuk menjaga konservasi air tanah,” ujar Muh. Amin.

Lubang resapan biopori adalah lubang yang dibuat tegak lurus ke dalam tanah dan diisi dengan sampah organik. Pembuatan lubang resapan biopori dapat mengurangi sampah organik, menyuburkan tanah, membantu mencegah terjadinya banjir, dan meningkatkan kapasitas tanah untuk menampung air.

Rektor IAIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. mengatakan bahwa IAIN Salatiga sedang menyiapkan akselerasi menuju Green Wasathiyah Campus. “Kami memandang penting adanya penegakkan filosofi pembangunan lingkungan kampus berbasis nilai wasathiyah; yaitu equilibrium ekosistem. Filosofi wasathiyah dalam pembangunan green campus memandang alam sebagai subjek, sehingga relasi antara manusia dan alam setara,” ujarnya.

Prof. Zakiyuddin mengakui proses pembangunan Green Wasathiyah Campus membutuhkan upaya panjang dan bertahap, “Proses yang harus kita lalui untuk jadi Green Wasathiyah Campus memang panjang, maka dari itu kami mulai giat melakukan berbagai kegiatan konservasi. Sejauh ini,  IAIN Salatiga telah bekerjasama dengan IUWASH USAID dan Pemerintah Kota Salatiga untuk membangun sumur resapan dan menyediakan lahan penghijauan di sekitar kampus. Selain itu, kami juga membangun embung sebagai sarana konservasi air.”

Pada 2020, IAIN Salatiga berhasil meraih peringkat kedelapan kampus hijau di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia menurut UI GreenMetric World University Rankings. Hal tersebut tentu akan terus ditingkatkan untuk membantu terwujudnya Green Wasathiyah Campus.