Lebih Dekat dengan IAIN Salatiga, Ratusan Siswa MAN 1 Semarang Kabupaten Adakan Kunjungan Kampus

SALATIGA-Sebanyak 110 orang siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang Kabupaten mengadakan kunjungan kampus ke Institut Agama Islam Negeri Salatiga pada Kamis (18/11/2021). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenal lebih dekat lembaga pendidikan tinggi IAIN Salatiga. Rombongan MAN 1 Semarang Kabupaten diterima oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Salatiga, Dr. Sidqon Maesur, Lc., M.A. di Ruang Teater Gedung KH. Hasyim Asy’ari.

Koordinator BK MAN 1 Semarang Kabupaten, Dra. Siti Rahayu, M.Pd.I, menyampaikan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan IAIN Salatiga kepada rombongannya, “Terima kasih banyak atas sambutan hangat yang telah diberikan. Semoga banyak siswa kami yang bisa melanjutkan di IAIN Salatiga.” Dirinya juga berharap kunjungan tersebut dapat memberi wawasan baru kepada para siswa.

Wakil Rektor III, Dr. Sidqon Maesur, Lc, M.A. menyambut dengan baik kedatangan rombongan dari MAN 1 Semarang Kabupaten tersebut. Dalam sambutan pembukaan, Dr. Sidqon mengatakan bahwa dengan kualitas yang dimiliki, IAIN Salatiga sudah siap menyambut mahasiswa baru dengan baik.

“Jangan ragu-ragu masuk IAIN Salatiga, alumninya banyak yang memiliki kiprah positif di berbagai bidang. Saat ini ada sekitar 16.207 mahasiswa aktif di IAIN Salatiga, banyak dari mereka yang merupakan mahasiswa berprestasi” tambahnya. Dr. Sidqon menjelaskan bahwa tahun ini mahasiswa IAIN Salatiga berpartisipasi dalam ajang perlombaan regional dan nasional seperti IPPBMM, Perkemahan Wirakarya Nasional, dan OASE, “Saya harap nantinya akan ada alumni dari MAN 1 Semarang Kabupaten yang melanjutkan di sini dan bisa memberi kontribusi positif pada kampus.”

Acara kemudian diisi oleh salah satu tim sosialisasi IAIN Salatiga, Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Dalam paparannya, selain menjelaskan tentang program studi, cara mendaftar, dan beasiswa yang tersedia di IAIN Salatiga, dirinya juga meminta agar para siswa tidak membangun mental block, “Ingat selalu bahwa semua orang itu cerdas dan berhak sukses.”

Selain itu Kepala Program Studi Pendidikan Agama Islam itu juga menjelaskan beberapa manfaat dari melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, “Dengan melanjutkan kuliah, kita dapat belajar hidup mandiri, memperluas wawasan, membentuk karakter, mendapat peluang kerja yang lebih luas, dan memiliki koneksi pergaulan yang lebih banyak.”