Kerja Sama dengan Kedubes AS, UPTPB UIN Salatiga Gelar Workshop Guru Madrasah

SALATIGA-Sebanyak 25 guru madrasah dan pesantren se-Kota Salatiga dan sekitarnya antusias mengikuti English Language Teacher Training (ELTT) yang pertama bertajuk 1st Orientation Workshop yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Bahasa (UPTPB) UIN Salatiga, di Gedung KH. Ahmad Dahlan, Jumat (12/08/22).

Master Trainer dan Kepala Pusat UPTPB, Dr. Hanung Triyoko, M.Hum., M.Ed. beliau mnegatakan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk mengajarkan menggunakan bahasa Inggris dengan percaya diri.

“Inti Pelatihan yakni mengajarkan para guru untuk lebih percaya diri dalam berbahasa Inggris ketika berada di kelas, sehingga para siswa akan terbiasa mendengarkan berbahasa Inggris.” tutur Hanung.

Dr. Hanung juga menambahkan bahwasanya kemungkinan besar program ini akan berlanjut dari tahun ke tahun. “Pelatihan ini menjadi salah satu program yang akan dilakukan setiap tahunya dengan paket yang terdiri dari 8 pertemuan Workshop secara luring dan juga kursus online di mana guru harus meluangkan waktu 3-5 jam per minggu untuk menyelesaikannya.”

Rois, salah satu guru madrasah asal Semarang mengaku merasa betah dan senang dengan training yang diselenggarakan ini. “Wah saya bisa betah berjam-jam ini jika kursusnya menyenangkan seperti ini. Saya suka dengan website ini, sangat mudah dan saya bisa berlatih berbicara langsung seperti Native Speaker yang disediakan.” Ujar beliau.

Adapun mekanisme pelatihan tersebut yakni mereka terbagi dalam 5 grup, setiap grup dilatih oleh 1 trainer. Sebelumnya, para trainer tersebut sudah dilatih oleh seorang master trainer yang dilatih langsung oleh Regional English Language Office (RELO), Kedutaan Besar Amerika Serikat (US. Embassy).

Kelima trainer tersebut adalah 5 dosen Bahasa Inggris UIN Salatiga terpilih, yaitu Ahmad Samingan, Heru Saputra, Marisa Fran Lina, Risti Yani Rahmawati dan Rissa Suryani.