Jurnal DinamikA UIN Salatiga Jadi Jurnal Mahasiswa PTKIN Pertama Terdaftar DOAJ

SALATIGA-Jurnal DinamikA Universitas Islam Negeri Salatiga berhasil menjadi jurnal pertama yang dikelola mahasiswa PTKIN dan masuk Directory of Open Acces Journal (DOAJ). DOAJ adalah direktori daring yang memberi indeks serta menyediakan akses ke jurnal yang berkualitas, open access, dan peer-reviewed. DOAJ diluncurkan pada 2003 di Universitas Lund, Swedia.

Jurnal DinamikA dikelola oleh tim jurnal Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) DinamikA dengan pendampingan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Salatiga. Capaian tersebut membuktikan kuatnya komitmen UIN Salatiga dalam mengelola jurnal ilmiah yang berkualitas dan berstandar internasional.

Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy mengatakan bahwa jurnal ilmiah adalah salah satu academic tower yang harus terus dikembangkan, “UIN Salatiga sebagai perguruan tinggi punya core bussiness di bidang akademik. Jurnal Ilmiah merupakan salah satu academic tower selain penelitian dan pengembangan. UIN Salatiga berkomitmen untuk mengembangkan ketiganya agar bisa mendapat rekognasi dunia.” Dirinya juga berharap ada lebih banyak lagi jurnal ilmiah di lingkungan UIN Salatiga yang dapat pengakuan nasional dan internasional.

Harapan serupa juga disampaikan oleh salah satu tim Jurnal DinamikA, Faizal Risdianto, M.Hum., “Raihan Jurnal DinamikA ini semoga bisa menjadi langkah awal untuk bisa berkembang. Saya harap Jurnal DinamikA juga bisa masuk SINTA dan terakreditasi secara nasional, serta bisa menjalin hubungan dengan jurnal-jurnal dari universitas lain.”

Editor Jurnal DinamikA, Ahmad Hidayat menuturkan pihaknya selalu berupaya untuk menjaga kualitas artikel yang masuk, “Selama dua tahun terakhir, kami berusaha keras dalam menyeleksi artikel yang masuk agar sesuai dengan pesyaratan. Memang banyak kendala, tetapi kami selalu berupaya keras untuk menerbitkan artikel.”

Hidayat berharap semakin banyak mahasiswa yang terlibat dalam pengelolaan jurnal ilmiah, “Semoga di masa yang akan datang ada lebih banyak mahasiswa yang tertarik dalam pengelolaan jurnal ilmiah. Sukses selalu untuk Jurnal DinamikA,” pungkasnya.