Peringati Hari Kemerdekaan RI, UIN Salatiga Adakan Upacara Luring

SALATIGA-Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, segenap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Islam Negeri Salatiga mengadakan upacara secara langsung di halaman Gedung Hasyim Asy’ari Kampus III, Rabu (17/8/2022). Dalam sambutan PJ Wali Kota Salatiga yang dibacakan oleh Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy, disebutkan bahwa Peringatan Hari Kemerdekaan Tahun 2022 merupakan kesempatan yang sangat membahagiakan setelah dua tahun Peringatan Hari Kemerdekaan dirayakan secara sederhana untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

PJ Wali Kota Salatiga, Sinoeng Noegroho mengatakan bahwa tema HUT RI ke-77, “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” merupakan tema yang mengandung harapan untuk kondisi bangsa di masa mendatang. “Kita memiliki tugas sejarah untuk merawat semangat tidak mudah menyerah sehingga dapat mewujudkan ketahanan kita sebagai sebuah bangsa,” ujar Prof. Zakiyuddin membacakan sambutan PJ Wali Kota Salatiga.

Selain itu disampaikan pula cara nyata mengisi kemerdekaan, yaitu dengan menjunjung tinggi semangat persatuan, mengamalkan Pancasila dalam tindakan, serta berkontribusi dalam karya yang bermanfaat dan membawa maslahat bagi masyarakat. Terakhir, Sinoeng meminta masyarakat untuk saling berbuat baik pada sesama dan mendorong kreativitas yang migunani untuk bangsa dan negara.

Pada kesempatan itu pula, sebanyak sembilan ASN di lingkungan UIN Salatiga menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya. Dari total sembilan ASN UIN Salatiga yang menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya, lima di antaranya telah mengabdi selama 30 tahun, dan empat orang telah mengabdi selama 20 tahun.

Daftar ASN yang memperoleh Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya:

1. Dr. H. Rahmat Haryadi, M.Pd., tanda kehormatan 30 tahun
2. Dr. H. Sa’adi, M.Ag., tanda kehormatan 30 tahun
3. Dr. Hj. Lilik Sriyanti, M.Si., tanda kehormatan 30 tahun
4. Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I., tanda kehormatan 30 tahun
5. Drs. Taufiqul Mu’in, M.Ag., tanda kehormatan 30 tahun
6. Dr. Mukti Ali, M.Si., tanda kehormatan 20 tahun
7. Dr. Sutrisna, M.Pd., tanda kehormatan 20 tahun
8. Yahya, S.Ag., M.HI., tanda kehormatan 20 tahun
9. Mujib Sahli, S.Ag., M.Pd., tanda kehormatan 20 tahun