Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM, UIN Salatiga-Pemda Kaimana Jalin Kerja Sama Pendidikan

KAIMANA-Dalam rangka mendukung pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di seluruh wilayah Indonesia, Universitas Islam Negeri Salatiga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan pada Selasa (22/11). Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap komitmen Pemkab Kaimana dalam meningkatkan kualitas SDM sebagai salah satu upaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “UIN Salatiga Salatiga sangat mengapresiasi upaya Pemkab Kaimana dan berkomitmen membantu serta mendukung penuh apa yang menjadi harapan Pemkab Kaimana.”

Komitmen itu direalisasikan dengan menerima 20 mahasiswa asal Kaimana untuk menempuh pendidikan tinggi di UIN Salatiga. Selain mendapat beasiswa KIP-K dari UIN Salatiga, mahasiswa tersebut juga mendapatkan bantuan beasiswa dari Pemkab Kaimana. Beasiswa yang diberikan itu diharapkan bisa menjadi pendorong dan semangat bagi mahasiswa dalam belajar sehingga kelak berhasil menyelesaikan studinya dan kembali ke Kaimana untuk berkontribusi membangun daerahnya. “Kami berikan beasiswa dan uang saku agar mereka semangat dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu,” kata Bupati Kaimana, Freddy Thie saat menerima kunjungan Rektor UIN Salatiga dan Tim Kemitraan Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Salatiga.

Kunjungan UIN Salatiga ke Kabupaten Kaimana yang diikuti oleh sejumlah jajaran pimpinan seperti Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan kelembagaan, Prof. Dr. Muh. Saerozi; Ketua LP2M UIN Salatiga, Prof. Irfan Helmy tersebut merupakan wujud komitmen bersama dalam memberikan perhatian terhadap masyarakat khususnya dalam hal pendidikan. Komitmen itu dibangun atas dasar kesadaran bersama terhadap amanah undang-undang terkait pemenuhan hak atas pendidikan bagi semua warga negara. Hak atas pendidikan tersebut dapat diwujudkan salah satunya dengan cara membuka akses dan membangun kolaborasi untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam menempuh pendidikan.