IAIN Salatiga Duduki Peringkat 6 Kampus Hijau PTKIN se-Indonesia Versi UI GreenMetric

Institut Agama Islam Negeri Salatiga berhasil menduduki peringkat keenam kampus hijau di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia menurut UI GreenMetric World University Rankings. Capaian tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari hasil tahun lalu yang menempatkan IAIN Salatiga di peringkat kedelapan kampus hijau di lingkungan PTKIN.

UI GreenMetric World University Rankings adalah sebuah sistem perankingan berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan. Sistem perankingan yang digarap oleh Universitas Indonesia itu diikuti oleh ratusan negara di seluruh dunia. Pada tahun 2021 ada sebanyak 956 perguruan tinggi dari 80 negara yang mengikuti UI GreenMetric World University Rankings.

Metodologi pemeringkatan yang digunakan dalam UI GreenMetric didasarkan pada enam kriteria dengan 38 indikator. Keenam kriteria tersebut antara lain: pengaturan lahan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, sampah, air, transportasi, dan edukasi. Setelah adanya pandemi Covid-19, panitia menambahkan beberapa indikator penilaian terkait kesiapsiagaan dan sumbangsih universitas dalam menangani pandemi.

IAIN Salatiga mendapatkan total skor 4700 dengan skor pada pengaturan lahan dan infrastruktur 625 poin, energi dan perubahan iklim 925 poin, sampah 750 poin, air 500 poin, transportasi 1225 poin, dan 675 poin pada aspek edukasi.

IAIN Salatiga terus berupaya untuk menguatkan komitmen pembangunan Green Wasathiyah Campus. Sejauh ini, IAIN Salatiga telah bekerjasama dengan IUWASH USAID dan Pemerintah Kota Salatiga untuk membangun sumur resapan dan menyediakan lahan penghijauan di sekitar kampus. Selain itu, IAIN Salatiga juga membangun embung sebagai sarana konservasi air, penerapan energi terbarukan dengan panel surya, dan penghematan energi dengan pemasanagan motion censor di beberapa tempat strategis seperti ruang rapat dan toilet. Lebih jauh, IAIN Salatiga juga telah memulai program pengelolaan sampah dengan menghadirkan Compost Corner.

Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy mengatakan bahwa institusinya akan terus menjaga komitmen pembangunan kampus hijau. “Alhamdulillah, tahun ini kami bisa menaikkan peringkat. Semoga capaian ini bisa terus ditingkatkan. Sejak pertengahan tahun 2019, kami terus berkomitmen untuk menerapkan kriteria pembangunan kampus berwawasan lingkungan yang sustainabel. Pembangunan itu dilakukan secara bertahap dan sistematis menuju Green Wasathiyyah Campus sebagai perwujudan nilai-nilai keseimbangan (wasathiyyah) dan risalah Islam rahmatan lil ‘alamin,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Subbagian Tata Usaha, Hubungan Masyarakat, dan Rumah Tangga IAIN Salatiga, Muh. Amin, S.Ag, M.M. Dirinya menambahkan bahwa IAIN Salatiga terus berupaya untuk bisa menjadi salah satu pelopor dalam gerakan peduli lingkungan melalui program Green Wasathiyyah Campus. “Program green campus ini didukung penuh oleh pimpinan serta mendapat perhatian khusus dari rektor. Saya sangat bersyukur peringkat kami bisa naik, semoga di tahun yang akan datang kami bisa terus melakukan perbaikan. Secara bertahap kami dan tim GreenMetric IAIN Salatiga akan melakukan pemenuhan kriteria kampus hijau berkelanjutan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab untuk melestarikan lingkungan,” katanya.