Penguatan Komitmen Pimpinan Satker pada Pembinaan Agen Perubahan Kementerian Agama Tahun 2019

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya Hormati,
Menteri Agama Republik Indonesia, Bapak Lukman Hakim Saefuddin
Pimpinan Eselon I dan II Kementerian Agama Pusat;
Para Rektor dan Ketua PTKN, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota, dan Kepala Balai Diklat Keagamaan yang hadir mendampingi para agen perubahannya;
Panitia yang sangat kami banggakan yang senantiasa menggelorakan perubahan dan menebarkan energi positif kepada kami semua di IAIN Salatiga;
Dan seluruh peserta pembinaan Agen Perubahan Kementerian Agama Tahun 2019 yang saya banggakan.

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala limpahan rahmat-Nya, sehingga kita dapat hadir dalam kesempatan yang luar biasa ini. Sungguh merupakan kehormatan sekaligus kebanggaan bagi kami dan tentunya seluruh Agen Perubahan, karena kami diberikan kesempatan untuk berdiri di sini, di panggung kehormatan ini, pada acara pembinaan agen perubahan yang memberikan makna dan kesan tersendiri bagi kami.
Bapak Menteri yang kami hormati dan hadirin yang berbahagia.
Aura Kasih membawa nasi teri
Dimakan dengan bumbu rempahsari
Terima kasih kami haturkan kepada Bapak Menteri
Atas pemberian anugerah yang berharga ini
Kami juga berterima kasih atas kepercayaan Bapak Menteri, sehingga kami dapat mengawal program kerja para Agen Perubahan yang bermuara pada peningkatan kualitas layanan publik. Dari tujuh agen perubahan di IAIN Salatiga, hanya satu agen yang program kerjanya tuntas dan berdampak positif pada IAIN Salatiga. Siapa dia?
Membeli roti di toko Nawangsari
Disamping bengawan kota Solo Berseri
Diyah Rochati nama agen perubahan kami
Semoga jadi teladan dan sumber inspirasi

Makan roti diiringi musik campursari
Sambil berdendang badanpun bergoyang
Diyah Rochati memang pantas diapresiasi
Karena suka tantangan dan tak lelah berjuang

Apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mendukung program kerja Agen Perubahan kami yang telah berinovasi dalam mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Pegawai IAIN Salatiga atau SIMPIS.
Dengan program kerja yang disampaikan oleh Agen Perubahan, kinerja kami sangat terbantu. Beliau melakukan ini dengan penuh ketekunan hanya karena semata-mata ingin menjaga citra positif IAIN Salatiga dan kementerian agama. Beliau tanpa lelah berdiskusi dan bahkan selalu koordinasi dengan pimpinan dalam mewujudkan layanan terbaik.
Kami selaku pimpinan akan terus bekerja dan bahagia berkarya dengan dua semboyan: “al ibrotu bi kamalin nihayah laa bi naqsil bidayah”; arti bebasnya “Sekalipun kita memulai dengan keterbatasan, bukan halangan untuk meraih capaian-capaian terbaik”. Kami juga memiliki semboyan “KEREN BRO….AJIIB”, Kerja Terencana, Bersih, Rapi, Obyektif, Aman, Jelas, Integritas dan Berwibawa.
Untuk mewujudkan layanan unggulan dan inovatif sebagaimana yang disampaikan oleh Agen Perubahan kami, kami mengajak seluruh jajaran pimpinan satker untuk terus melakukan perubahan ke arah dan kondisi yang lebih baik, dengan memberikan dukungan penuh kepada para Agen Perubahan, yang kami yakini program kerjanya akan berdampak pada peningkatan kinerja satuan kerja masing-masing.
Teruslah bermimpi, berimajinasi, berkreasi, berinovasi, tingkatkan wawasan, dan bangkitkan energi positif bagi seluruh ASN, tidak hanya di IAIN Salatiga, tetapi juga di satker lainnya.
Kami juga mohon doa dan dukungan untuk Agen Perubahan IAIN Salatiga lainnya agar segera dapat kami rasakan secara nyata gagasan-gagasan dan rancangan perubahan yang sedang bersama-sama dibangun di IAIN Salatiga dan dapat juga dipergunakan pada satuan kerja lainnya.
Untuk para calon Agen Perubahan baru, kami hanya dapat berpesan melalui pantun:
Pergi ke Mampang membawa keranjang biru
Sembari pulang tak lupa membeli tahu
Selamat datang para agen perubahan baru
Mari berjuang moga sukses menghampirimu

Terima kasih
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Jakarta, 10 September 2019
Rektor IAIN Salatiga,

Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag