JADILAH LEGENDA DI TEMPAT KERJA

Pada suatu perusahaan atau lembaga, biasanya banyak pekerjanya dari staf yang paling bawah sampai pimpinan puncaknya semua bekerja melaksanakan tugas dan fungsinya. Ada yang istimewa, ada yang biasa, dan ada pula yang membuat kecewa. Semua akan mendapat penilaian dari atasan atau pelanggannya. Bila engkau bekerja secara istimewa di mata pelanggan atau pun mitra kerja maka engkau akan menjadi legenda.

Ada empat cara untuk menjadi legenda di tempat kerja.
Pertama, harus dapat memberikan lebih dari yang dijanjikannya. Apakah lebih memuaskan, atau lebih cepat diselesaikannya.
Kedua, selalu melakukan pekerjaan lebih baik dari sebelumnya. Makin hari, makin kecil kesalahan atau kekurangannya.
Ketiga, selalu membayangkan punya hasil kerja. Yang bisa dikagumi oleh kolega, atasan atau pelanggannya ia terus saja mencari dan bertanya, apa kiranya yang membuat kagum Bosnya, apa kiranya yang bisa membuat kagum pelanggannya. Setelah didapat idenya, ditekuni sampai jadi nyata
Keempat, selalu mengevaluasi capaian kinerja dan memastikan semua tugas dan target telah dilampauinya.

Apa perlunya berusaha menjadi legenda? Karena itulah hakikat sejarah hidup kita yaitu, sejarah kita dalam bekerja dan berkarya. Selain itu, dengan menjadi legenda berarti kita pantas dibayar lebih mahal dari yang kita terima dan bila lembaga belum bisa, yakinlah Allah akan menggenapinya dari arah yang tidak kita sangka-sangka.

Wallaahu a’lam

Sumber bacaan: Bob Nelson. 2007. 1001 Ways to Take Initiatve at Work